Blora on News :
Home » , » Belum Ada 2 Bulan Usai Dibangun, Tanggul Embung Tambaksari Blora Ambrol

Belum Ada 2 Bulan Usai Dibangun, Tanggul Embung Tambaksari Blora Ambrol

infoblora.com on Jan 9, 2016 | 7:30 AM

Tanggul Embung Tambaksari bagian timur ambrol tinggal menyisakan tanah uruk dan saluran irigasi tampak bodol. (foto: rs-ib)
BLORA. Pembangunan dan perluasan Embung Tambaksari di Desa Tambaksari Kecamatan Blora Kota yang selesai pada akhir bulan November 2015 lalu ternyata tidak bertahan lama. Berdasarkan pengamatan tim Info Blora pada Jumat (8/1) diketahui bahwa tanggul sebelah timur embung sepanjang kurang lebih 50 meter tersebut ambrol saat dipenuhi air.

Hingga saat ini belum ada tanda-tanda perbaikan yang dilakukan oleh pihak terkait sehingga warga sekitar takut jika kerusakan akan lebih parah, terlebih jika hujan turun sangat lebat.

“Air embungnya sudah penuh seperti ini, bagaimana cara untuk memperbaikinya jika tanggul ini terus ambrol dan longsor ke arah dalam. Padahal bangunan ini baru selesai dibangun 30 November lalu, belum ada 2 bulan,” kata Yanto, salah satu warga Blora yang sering memancing di embung tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Kabupaten Blora, Reni Miharti yang membawahi pembangunan Embung Tambaksari mengakui jika tanggul bagian timur embung saat ini dalam keadaan ambrol. Pihaknya meminta rekanan yang melaksanakan pembangunan embung untuk memperbaikinya kembali.

“Belum ada bulan, sehingga saat ini masih dalam masa perawatan oleh pihak rekanan. Jika terjadi kerusakan seperti yang terjadi sekarang, maka itu masih tanggung jawab rekanan pelaksana proyek. Akan perintahkan rekanan tersebut untuk memperbaikinya,” tegas Reni Miharti.

Pihaknya meminta agar setelah airnya surut nanti, pelaksana proyek bisa segera memperbaiki tanggul. “Saat ini airnya sedang penuh, tidak mungkin kalau dipaksa disurutkan untuk memperbaiki tanggul. Sebab air juga masih dibutuhkan para petani untuk bercocok tanam, apalagi musim tanam masih berlangsung,” jelasnya.

Sekedar diketahui, sejumlah embung di Blora pada akhir tahun 2015 kemarin mendapatkan prioritas rehab dan perluasan karena banyak terjadi pengendapan atau sedimentasi. Salah satunya Embung Tambaksari yang mendapatkan anggaran perbaikan sebesar Rp 199,817 juta dari dana alokasi khusus (DAK) 2015. Proyek dikerjakan oleh rekanan Dintanbunakikan Blora yakni CV.Kusuma Putra dengan masa pengerjaan selama 1,5 bulan mulai 12 Oktober 2015 hingga 30 November 2015. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved