Blora on News :
Home » , » Akan Ditertibkan, Dinas ESDM Peringatkan Penambang Minyak Ilegal di Blora

Akan Ditertibkan, Dinas ESDM Peringatkan Penambang Minyak Ilegal di Blora

infoblora.com on Jan 6, 2016 | 3:30 AM

Salah satu penambang minyak tradisional. Cegah penambangan minyak bumi secara liar, Dinas ESDM Blora akan lakukan sidak lapangan. (foto: is-sm)
BLORA. Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Blora mensinyalir adanya penambangan minyak ilegal di sumur minyak tua di sejumlah tempat di Blora. Dinas ESDM pun meminta penambang ilegal tersebut menghentikan operasinya.

“Sudah ada beberapa laporan yang masuk ke kami. Kami minta mereka menghentikan penambangan tersebut,” ujar Kepala Dinas ESDM Blora H Setyo Edy, Selasa (5/1) kemarin.

Setyo Edy belum mau menyebut lokasi penambangan ilegal tersebut. Dia ingin memastikan kebenaran laporan yang diterimanya. “Dalam pekan ini kami akan mengecek ke lapangan untuk memastikan apakah mereka masih melakukan penambangan atau tidak. Kalau berdasarkan data yang ada, mereka dipastikan ilegal,” tandasnya.

Dia mensinyalir penambangan ilegal di sumur tua itu muncul seiring gencarnya penertiban yang dilakukan aparat di kabupaten penghasil minyak lainnya yang bertetangga dengan Blora seperti di Kabupaten Bojonegoro (Jatim).

Setyo Edy tidak ingin Blora menjadi jujukan penambang ilegal itu setelah di penambangan mereka di daerah lainnya dilarang. “Dari informasi yang kami terima, penambang ilegal itu sebagian besar bukan orang Blora,” ungkapnya.

Dia berharap aparat keamanan seperti Polisi dan TNI juga berperan aktif dalam mencegah munculnya penambangan minyak ilegal di wilayah Blora. Menurutnya sumber daya alam minyak adalah dikuasai oleh negara.

“Sehingga semua pihak wajib berperan serta dalam menjaga kekayaan alam milik negara tersebut. Kalau ingin menambang, prosedurnya harus diikuti. Perizinannya harus lengkap,” tegasnya. (Aiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved