Blora on News :
Home » , » 4 Jembatan Diperbaiki, Truk Diatas 5 Ton Dilarang Melintasi Jalur Blora-Randublatung

4 Jembatan Diperbaiki, Truk Diatas 5 Ton Dilarang Melintasi Jalur Blora-Randublatung

infoblora.com on Jan 22, 2016 | 1:30 PM

Rekanan PT.Setamaindra Surya Adi Utama mulai mengerjakan konstruksi pondasi jembatan di wilayah hutan Jl.Blora-Randublatung. (foto: az-ib)
BLORA. Peningkatan akses jalan dan jembatan di jalur kabupaten penghubung Kota Blora menuju kawasan Blora Selatan yakni Kecamatan Randublatung dan sekitarnya terus dilakukan Pemkab Blora melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Setelah tahun 2013 dan 2014 melakukan pengaspalan overlay dan pembetonan di sejumlah titik jalan, tahun 2016 ini peningkatan jalan dan jembatan juga akan dilakukan.

Bahkan saat ini perbaikan jembatan di ruas Jl.Blora-Randublatung mulai Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo hingga Desa Kalisari Kecamatan Randublatung telah dilakukan. Setidaknya ada 4 buah jembatan yang mulai diperbaiki yakni Jembatan Soko HN 36, Jembatan Soko HN 41, Jembatan Kalisari HN 45 dan Jembatan Kalisari HH 46. Keempat jembatan tersebut berada di kawasan hutan jati KPH Randublatung.

Berdasarkan data dari DPU Blora, dana pembangunan 4 jembatan tersebut berasal dari APBD Kabupaten Blora 2016 sebesar Rp 2,8 miliar. “Pekerjaan konstruksi jembatan sudah dimulai yang dikerjakan oleh rekanan PT.Setamaindra Surya Adi Utama. Sehingga sementara jalan menuju Randublatung hanya boleh dilintasi oleh kendaraan dengan beban maksimal 5 ton. Diatas itu diminta untuk memutar lewat Cepu,” kata Plt Kepala DPU Blora, Bondan Sukarno, Jumat (22/1).

Menurutnya sejak seminggu lalu sejumlah material perbaikan jembatan juga sudah didrop di lokasi pembangunan. Pihak rekanan juga telah memasang rambu-rambu peringatan di sekitar lokasi proyek agar para pengendara kendaraan senantiasa hati-hati saat melintasi jembatan yang sedang dibangun.

Rekanan memasang rambu larangan melintas bagi kendaraan melebihi 5 ton di
perempatan Kaliwangan arah Randublatung. (foto: tio-infoblora)
Tidak hanya pembangunan 4 jembatan, di ruas Jl.Blora-Randublatung mulai Kaliwangan-Klopoduwur-Kalisari hingga Wulung juga akan dilakukan peningkatan jalan. “Lelang peningkatan jalan Blora-Randublatung saat ini sudah selesai dan akan segera dimulai pekerjaannya. Jembatan diperbaiki untuk mendukung peningkatan kualitas jalannya,” lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa tahun 2016 ini peningkatan Jl.Blora-Randublatung dari APBD Blora 2016 dianggarkan sebesar Rp 11,3 miliar. Pelaksananya adalah PT.Bangun Makmur Utama dari Semarang sebagai pemenang lelang tender proyek.

“Jl.Blora-Randublatung merupakan jalan kabupaten akses utama penghubung antar kecamatan dari Kota menuju wilayah selatan. Sehingga perlu diperkuat agar jalan tetap awet, mengingat di ruas jalan ini juga banyak melintas truk-truk pasir bermuatan berat yang sering mengakibatkan jalan rusak. Kalau perlu dibeton, maka pembetonan akan dilanjutkan di beberapa titik yang tanahnya rawan gerak,” pungkasnya.

Sementara itu, Yono (27) warga Desa Klopoduwur menyambut baik proyek pembangunan jalan dan jembatan oleh Pemkab Blora di ruas Blora-Randublatung yang melintasi desanya.

“Selain akses utama penghubung antar kecamatan, jalan ini juga merupakan akses wisata menuju Kampung Samin Klopoduwur dan Wisata Geologi Sumur Minyak Tua di Banyuasin. Jika ditingkatkan kualitas jalan dan jembatannya maka kami akan mendukungnya dan turut mengawasi pelaksaan pembangunannya,” ucapnya.

Selain memperkuat jalan dan jembatan, ia berharap Pemkab melalui DPU juga memperhatikan sistem drainase di jalan sepanjang 25 kilometer tersebut. “Untuk menjaga kualitas jalan, maka parit dan selokan di kanan kiri jalan juga harus dibuat sebaik mungkin agar ketika hujan air bisa langsung mengalir, tidak menggenangi jalan sehingga menimbulkan kerusakan,” harapnya. (tio-infoblora)
Share this article :

1 komentar:

Wahyu Lutfi Hakim said...

Min mau nanya, proyeknya mulai tanggal berapa sampai tgl berapa ya? Kalo boleh tau panjang jembatannya berapa meter, saya sedang mencari proyek untuk kerja praktek, minta bantuannya ya min makasih banyak

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved