Blora on News :
Home » , , » Wow..!! Minum Teh Rambut Jagung Secara Massal di Blora Meraih Rekor MURI

Wow..!! Minum Teh Rambut Jagung Secara Massal di Blora Meraih Rekor MURI

infoblora.com on Dec 19, 2015 | 6:30 AM

Warga di Desa Bangsri Kecamatan Jepon secara bersama-sama minum teh rambut jagung di acara kunjungan kerja Kemendes PDTT, Jumat (18/12) kemarin. (foto: teg-ib)
BLORA. Kunjungan kerja Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) ke Desa Bangsri Kecamatan Jepon, Jumat (18/12) kemarin selain menyerahkan sejumlah bantuan alat pertanian multiguna juga dilakukan aksi pemecahan rekor MURI dengan kegiatan minum teh rambut jagung secara massal.

Dalam pengarahannya, Menteri Desa, PDTT Marwan Ja’far melalui Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Dr.Rusnadi Padjung menyatakan bangga  bahwa pada acara tersebut  dilaksanakan pula acara minum bersama teh rambut  jagung yang tercatat dalam rekor MURI. Teh rambut  jagung merupakan salah satu bentuk produk  turunan jagung hasil rekayasa teknologi tepat guna desa.

Menurutnya, rambut jagung yang selama ini hanya menjadi limbah jagung ternyata memiliki banyak manfaat. Antara lain mencegah dan mengatasi penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh, membantu melancarkan sirkulasi darah dan mengoptimalkan kinerja organ-organ vital dalam tubuh, mengobati penyakit  ginjal, mengatasi nyeri encok dan mengobati gangguan sistem pencernaan.

Staf Ahli Kemendes PDTT Bidan Pembangunan dan Kemsyarakatan Dr.Rusnadi Padjung menunjukkan piagam rekor MURI kegiatan minum teh rambut jagung secara massal di Desa Bangsri Kec.Jepon. (foto: teg-ib)
“Dengan sentuhan teknologi tepat guna kita akan mampu menghasilkan produk unggulan yang memiliki nilai jual yang  tinggi,” ungkapnya.

Dengan mampu mengolah suatu produk hasil pertanian dengan peralatan pengolahan pasca panen tentunya dapat meningkatkan nilai jual bagi masyarakat. Sehingga kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

Produk teh rambut jagung diharapkan bisa berkembang  menjadi suatu produk unggulan yang dapat memotivasi desa di sekitar hutan untuk mampu menciptakan produk unggulan di desanya.

Usai acara penyerahan peralatan pertanian dan minum teh rambut  jagung dilanjutkan penyerahan cindera mata dari Kemendes PDTT dan penghargaan dari MURI. Pihak MURI menyatakan peserta minum teh rambut jagung di Des Bangsri ternyata lebih banyak dari perkiraan sebelumnya. Semula ditarget 700 peserta, namun kenyataannya sebanyak 835 peserta.

Sementara itu usai penyerahan peralatan pertanian, peserta yang hadir masing-masing mendapatkan satu bibit pohon jati pulus Perhutani.  Bibit tersebut diserahkan oleh Perum Perhutani KPH Cepu. Sebelumnya dilakukan demo produk peralatan pertanian yang diperbantukan sakaligus diajari tata cara pemakaian oleh pendamping.

Hadir mendampingi Staf Ahli Menteri Desa,PDTT  Rusnadi Pajung, yaitu Direktur PSDA Kemendes PDTT, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, Plt Setda Blora, Wakil Bupati Terpilih H.Arief Rohman, Asisten Setda Blora, Kepala SKPD  dan unsur Forkopimda Blora.

Acara yang dihibur dengan seni barongan tersebut diakhiri  dengan penanaman pohon jati oleh  sejumlah pejabat terkait di lingkungan wilayah desa setempat. Warga masyarakat tampak antusias mengikuti kegiatan yang digelar Kemendes PDTT tersebut. (DPPKKI | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved