Blora on News :
Home » , » Waspada Bahaya Demam Berdarah, Sudah 8 Warga Blora Meninggal Akibat DBD

Waspada Bahaya Demam Berdarah, Sudah 8 Warga Blora Meninggal Akibat DBD

infoblora.com on Dec 16, 2015 | 12:30 AM

Hingga awal Desember sudah ada 8 warga Blora meninggal akibat DBD, warga diminta waspada. (foto: is-ib)
BLORA. Musim hujan di Kabupaten Blora secara langsung menimbulkan banyak genangan air di sekitar pemukiman penduduk yang berpotensi meningkatkan perkembangbiakan nyamuk penyebab beberapa penyakit, salah satunya demam berdarah dengue (DBD).

Menyikapi hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Blora mengimbau agar warga masyarakat senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya penyakit demam berdarah yang disebabkan nyamuk aides aigepty ini.

Kepala DKK Blora, dr.Heny Indriyanti melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Lilik Hernanto SKM M.Kes menyampaikan bahwa berdasarkan data yang ada di DKK Blora, dalam tahun 2015 sejak bulan Januari hingga awal Desember ini sudah ada 8 warga yang meninggal dunia akibat terjangkir penyakit demam berdarah.

 “Untuk itu kami memperingatkan dan menyarankan agar warga Blora waspada DBD. Apalagi saat ini sudah memasuki musim penghujan. Lakukanlah gerakan pemberantasan sarang nyamuk secara rutin dan berkala,” tandas Lilik Hernanto, kemarin.

Ia menjelaskan bahwa selama tahun 2015, mulai Januari hingga saat Desember ini jumlah kasus DBD di Blora mencapai 457 kasus, dimana delapan diantaranya meninggal dunia.

Untuk wilayah kecamatan yang terbanyak kasus DBD nya adalah Kecamatan Blora Kota yakni ada 80 penderita dimana satu orang diantaranya meninggal dunia. Kecamatan berikutnya adalah Kecamatan Kedungtuban, yakni sebanyak 65 penderita namun tidak ada yang meninggal.

Sementara itu menduduki peringkat tiga adalah Kecamatan Jepon, yakni terdapat 40 penderita dimana satu orang diantaranya meninggal dunia.

“Semua kasus di wilayah yang memenuhi kriteria sudah kami lakukan fogging. Sementra itu untuk jumlah desa/kelurahan di Blora yang masuk kategori endemis DB ada 24 desa/kelurahan,” jelas Lilik Hernanto. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved