Blora on News :
Home » , » Selamat..!! Berikut Daftar Pemenang Parade Dalang Blora 2015

Selamat..!! Berikut Daftar Pemenang Parade Dalang Blora 2015

infoblora.com on Dec 25, 2015 | 10:30 AM

Penampilan salah satu peserta Parade Dalang Blora 2015 di Gedung Sasana Bakti, Kamis (24/12) kemarin. (foto: tio-ib)
BLORA. Parade Dalang Blora 2015 yang diselenggarakan Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Blora selama 19 jam di Gedung Sasana Bakti pada Kamis (24/12) dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Blora ke 266 sekaligus menyambut tahun baru 2016 telah berlangsung dengan lancar dan meriah.

Dari 19 dalang yang mendaftar, ada 17 yang hadir untuk mementaskan keahliannya sejak pukul 08.00 WIB hingga 04.30 WIB dini hari. Setiap dalang membawakan lakon yang berbeda untuk dinilai 4 dewan juri yang telah ditunjuk oleh PEPADI Blora.

Ke 17 dalang yang mengikuti parade tersebut diantaranya Ki Woto Darsono dengan lakon Gathotkaca Winisuda, Ki Narto Gemblung dengan lakon Indrajala Maling, Ki Sujiarto dengan lakon Kumbokarno Gugur, Ki Sudarji dengan lakon Wahyu Cakraningrat.

Kemudian Ki Suparjo dengan membawakan lakon Sumantri Ngenger, Ki Supangat dengan lakon Kresna Duta, Ki Budi Prayitno dengan lakon Wisanggeni Krama, Ki Darsono Carita dengan lakon Sena Bumbu, Ki Daryono dengan lakon Mondro Karno Gugur, Ki Partono dengan lakon Semar Boyong.

Disusul Ki Pringgo dengan lakon Gathotkaca Gugur, Ki Mulyono dengan lakon Sinta Ilang, Ki Heri Tanda Carita dengan lakon Kresna Duta, Ki Nuryanto dengan lakon Lahire Sang Wisanggeni , Ki Gondo Dartomo dengan lakon Wahyu Tohjali, lalu Ki Ki Ganda Yasibin dengan lakon Kumbakarno Gugur serta yang terakhir Ki Dodik Eko Priyanto dengan menampilkan lakon Lahire Jarasanda.

Dari ke 17 dalang yang mengikuti parade tersebut, hanya 6 dalang yang berhasil meraih kejuaraan. Berdasarkan penilaian dewan juri yang terdiri dari 4 orang yakni Purwantoro Cokro Buwono dari Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani), Trimo S.Pd dari MGMP Guru Bahasa Jawa SMP Blora, Gavida Novi Widodo dan Laily Ainur Rafi’ah pelajar seni budaya SMAN 1 Blora, memutuskan hasil parade sebagai berikut :
a. Juara 1 : Ki Daryono dengan lakon Mondro Karno Gugur,
b. Juara 2 : Ki Nuryanto dengan lakon Lahire Sang Wisanggeni,
c. Juara 3 : Ki Heri Tanda Carita dengan lakon Kresna Duta,
d. Juara Harapan 1 : Ki Supangat dengan lakon Kresna Duta,
e. Juara Harapan 2 : Ki Dodik Eko Priyanto dengan lakon Lahire Jasaranda,
f. Juara Favorit : Ki Narto Gemblung dengan lakon Indrajala Maling.

Ketua PEPADI Blora, H.Sukarno mengucapkan selamat kepada para pemenang. Hasil ini bukan merupakan titik akhir seorang seniman dalam berkarya, namun menurutnya ini merupakan pijakan awal bagi para dalang untuk meningkatkan kemampuannya dalam menampilkan wayang.

“Selamat kepada para pemenang, semoga prestasi ini bisa ditingkatkan. Buktikan bahwa dalang lokal Blora juga memiliki kemampuan ndalang yang bagus dan tidak kalah dengan daerah lain. Tidak hanya dalang cilik, namun dalang dewasa di Blora mempunyai potensi yang besar,” ucap H Sukarno. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved