Blora on News :
Home » , » Puluhan Batang Jati Curian Ditemukan Berserakan di Sungai Desa Bleboh Jiken

Puluhan Batang Jati Curian Ditemukan Berserakan di Sungai Desa Bleboh Jiken

infoblora.com on Dec 7, 2015 | 3:00 AM

Kapolres Blora AKBD Dwi Indra Maulana memantau langsung evakuasi puluhan gelondong jati yang ditemukan berserakan di sungai. (foto: nh-ss)
BLORA. Untuk yang kesekian kalinya, petugas patoli gabungan keamanan Perhutani KPH Cepu bersama Kepolisian menemukan puluhan batang kayu jati gelondong dengan ukuran lingkar mulai 120 cm s/d 150 cm, panjang 250 cm s/d 300 cm di sungai Desa Bleboh Kecamatan Jiken yang berbatasan langsung dengan Desa Beji Bojonegoro Jawa Timur .

Berawal ditemukannya bekas tunggak kayu jati yang telah ditebang di wilayah kawasan hutan RPH Bleboh BKPH Nanas, selanjutnya Rabu (2/12) sekitar pukul 15.00 WIB, Pabin KPH Cepu Iptu Budi Yuwono melakukan penelusuran jejak bekas telapak kaki para pencuri di sepanjang sungai kedungbuntu yang terletak di perbatasan, akhirnya puluhan kayu jati gelondong dan bahkan ada yang sudah di olah menjadi ukuran 30cm x 30cm x 220cm ditemukan terapung disungai.

Penemuan tersebut kemudian dilaporkan ke Polres Blora dan KPH Cepu, yang selanjutnya Kapolres Blora AKBP Dwi Indra Maulana memerintahkan anggota Sat Reskrim, anggota Sat Sabara dan anggota Sat Intel untuk ikut turun ke TKP guna membantu menjaga keamanan ketika dilakukan evakuasi kayu-kayu jati temuan yang masih terapung berserakan di sungai.

Pada sore hari itu Kapolres Blora AKBP Dwi Indra Maulana didampingi ADM KPH Cepu Endro Koesdijanto, Kabag Ops dan Kasat Reskrim juga menyaksikan langsung proses evakuasi kayu-kayu jati temuan tersebut untuk diamankan dan dibawa ke Tempat Penampungan Kayu (TPK) Cabak.

Menurut ADM KPH Cepu Endro Koesdijanto kejadian pencurian kayu jati di wilayah perbatasan jawa tengah jawa timur akhir-akhir ini masih sering terjadi, dan kebanyakan kayu-kayu jati yang berhasil dicuri dari kawasan hutan oleh pencuri di biarkan atau ditinggal terlebih dahulu untuk beberapa lama berada di sungai atau di ladang sambil menunggu aman dan akan diambil kembali disaat petugas lengah.

Selain itu untuk mengelabuhi pengawasan petugas ada juga yang langsung diangkut menggunakan mobil mewah atau truk pengangkut kayu bakar yang dibawahnya diselipi kayu gelondong agar tidak nampak dari luar.

"Dalam hal ini saya sangat berterima kasih sekali kepada Jajaran Kepolisian Polres Blora yang selama ini selalu membantu kami mengamankan aset negara," tandas ADM KPH Cepu Endro Koesdijanto. (Nur-SS | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved