Blora on News :
Home » , » Proses Perhitungan Cepat Berpotensi Timbulkan Konflik Hasil Pilkada

Proses Perhitungan Cepat Berpotensi Timbulkan Konflik Hasil Pilkada

infoblora.com on Dec 6, 2015 | 2:30 AM

Hitung cepat berpotensi menimbulkan konflik pilkada, disampaikan dalam sarasehan Pilkada Damai di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, kemarin. (foto: teg-ib)
BLORA. Perhitungan cepat atau quick count dalam Pilkada mempunyai sisi positif dan negatif. Sisi negatifnya, quick count bisa menimbulkan konflik antar pendukung. Apalagi jika hasil quick count berbeda dengan penghitungan manual resmi yang dilakukan KPU di daerah.

Adapun sisi positifnya, keterbukaan informasi yang selama ini didengungkan pemerintah, antara lain terwujud dalam hitung cepat hasil pemungutan suara ini. 

“Quick count ini harus diwaspadai. Memang ada sisi positif dan negatifnya. Namun jangan karena quick count justru membuat suasana tidak kondusif di daerah yang menyelenggarakan Pilkada,” ujar Trawoco Hadikusumo mantan komisioner KPU Tuban Jawa Timur dalam sarasehan Pilkada Damai yang digelar Forum Komunikasi Wartawan Blora (FKWB) di pendopo rumah dinas bupati Blora, Sabtu(5/12) kemarin.

Di sarasehan yang dibuka Penjabat Bupati Blora Ihwan Sudrajat tersebut, Trawono berbicara banyak tentang pengalamannya sebagai mantan anggota KPU Tuban. Saat dia menjabat di lembaga penyelenggara pemilu tersebut, sempat terjadi rusuh di Pilkada Tuban 2006.

”Saat kampanye maupun pencoblosan surat suara memang adem ayem seperti tidak ada masalah. Yang sangat perlu diwaspadai itu justru pasca Pilkada,” tandasnya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved