Blora on News :
Home » , » Perluasan Wisata Religi Sunan Pojok, Kios Selatan Alun-alun Blora Akan Dibongkar

Perluasan Wisata Religi Sunan Pojok, Kios Selatan Alun-alun Blora Akan Dibongkar

infoblora.com on Dec 25, 2015 | 9:00 AM

Deretan kios pertokoan di Jl.MR Iskandar selatan Alun-alun Blora ini akan dibongkar untuk perluasan makam Sunan Pojok yang ada dibelakangnya. (foto: rs-ib)
BLORA. Keberadaan situs budaya makam Sunan Pojok Blora mendapatkan perhatian besar Pemkab untuk dikembangkan menjadi salah satu objek wisata religi unggulan. Hal itu dibuktikan dengan adanya rencana pembongkaran deretan kios di selatan Alun-alun yang dinggap menutupi komplek makam.

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) selaku pengelola kios menyampaikan bahwa pada tahun 2016 nanti sebanyak 8 kios di timur makam Sunan Pojok akan dibongkar untuk perluasan area makam.

Maskur, Kepala Disperindagkop UMKM saat dihubungi Jumat (25/12) menyatakan bahwa pembongkaran kios akan dilakukan bersamaan dengan pembangunan Pasar Blora.

“Pembongkaran kios tersebut dilakukan untuk penataan kawasan makam Sunan Pojok agar lebih luas. Karena selama ini lokasi makam Sunan Pojok terkesan tersembunyi di belakang komplek kios pertokoan dengan akses lorong sempit dan tidak memiliki tempat parkir luas untuk peziarah,” katanya.

Dengan pembongkaran kios tersebut, menurutnya semua pemilik kios dipindahkan untuk menempati kios baru di Pasar Blora yang juga akan mulai dibangun pada awal tahun 2016. “Semua pemilik kios akan dipindahkan untuk menempati kios baru di bangunan Pasar Blora,” ungkapnya.

Terpisah, salah satu tokoh pengamat seni budaya Catoer Oke Arbiyanto menyatakan dukungannya agar komplek situs budaya makam Sunan Pojok dilakukan penataan ulang.

“Selama ini makam Sunan Pojok ndelik (sembunyi-red) di belakang pertokoan sehingga orang luar kota kurang mengetahuinya. Jika ada rencana untuk ditata lagi dengan membongkar kios pertokoan, itu bagus. Sehingga objek wisata religi ini akan bisa dengan mudah dikenal masyarakat. Apalagi setiap tahun digelar haul yang dihadiri ribuan peziarah,” ucapnya.

Ia berharap, penataan kembali kawasan makam Sunan Pojok bisa berefek pada peningkatan kunjungan peziarah yang nantinya juga berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) lewat pungutan retribusi dan parkir. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved