Blora on News :
Home » , » Per 1 Januari 2016 Mendatang, Jl.Rembang-Blora Naik Kelas Jadi Jalan Nasional

Per 1 Januari 2016 Mendatang, Jl.Rembang-Blora Naik Kelas Jadi Jalan Nasional

infoblora.com on Dec 22, 2015 | 3:30 AM

Ruas jalan provinsi Rembang-Blora mulai 1 Januari 2016 mendatang naik kelas menjadi jalan nasional. (foto: tio-ib)
BLORA. Kabar baik datang dari Bina Marga Jawa Tengah wilayah Pati yang mengelola perbaikan dan perawatan ruas jalan provinsi Rembang-Blora. Dari informasi yang diperoleh, mulai 1 Januari 2016 mendatang ruas jalan provinsi penghubung Rembang menuju Blora tersebut akan naik kelas menjadi jalan nasional.

Kepala Bina Marga Jateng wilayah Pati, Rudi Wijiasmanto kemarin menjelaskan bahwa jalan Rembang-Blora yang tadinya berstatus jalan provinsi akan beralih menjadi jalan nasional yang dikelola langsung oleh Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum.

“Jalan Rembang-Blora sepanjang 37 km itu mulai 1 Januari 2016 akan jadi jalan nasional dimana pembiayaan, perawatan serta perbaikan jalannya menggunakan dana APBN oleh Kementerian Pekerjaan Umum. Tidak lagi oleh provinsi,” jelasnya.

Dengan demikian menurutnya secara otomatis kualitas jalan pun mengalami peningkatan. SK peralihan status jalan dari jalan provinsi menjadi jalan nasional sudah diterima Bina Marga pada akhir tahun 2015 ini.

Berdasarkan data, perbaikan Jl.Rembang-Blora pada tahun 2014 dilakukan pelebaran jalan sepanjang 1 km. Sedangkan tahun 2015 ini ada peningkatan jalan sepanjang 4 km oleh Bina Marga Jateng. Selanjutnya pada 2016 akan dilakukan perbaikan langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum melalui Bina Marga.

Rudi mengatakan, salah satu alasan perubahan status jalan provinsi menjadi jalan nasional di ruas Rembang-Blora adalah  untuk menunjang operasional migas Blok Cepu. “Blok Cepu yang ada di Blora dan Bojonegoro butuh akses yang baik untuk meningkatkan jalur ekonomi yang baik sehingga status jalan harus ditingkatkan,” tambahnya.

Sementara itu, Deni warga Desa Ngampel Blora menyambut baik perubahan status jalan provinsi menjadi jalan nasional mulai awal 2016 nanti. “Alhamdulillah jika jalan depan rumah saya ini dijadikan jalan nasional. Selama ini 24 jam banyak kendaraan berat dan truk-truk besar melintas di jalur ini. Dengan menjadi jalan nasional semoga kualitas jalannya semakin bagus dan saya minta penerangan jalannya jugaditambah mengingat Blora-Rembang masih lumayan gelap di area hutan saat malam hari,” harapnya. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved