Blora on News :
Home » , » Pemkab Tunggu Hasil Penelitian PSLH UGM Terkait Dugaan Pencemaran Bentolo

Pemkab Tunggu Hasil Penelitian PSLH UGM Terkait Dugaan Pencemaran Bentolo

infoblora.com on Dec 3, 2015 | 1:30 AM

Waduk Bentolo yang diduga tercemar hingga kini masih dalam penelitian PSLH UGM. (foto: tio-ib)
BLORA. Pemkab Blora hingga kini masih menunggu hasil penelitian Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) Universitas Gajah Mada (UGM) terkait dugaan pencemaran Waduk Bentolo di Desa Tinapan, Kecamatan Todanan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Blora, Wahyu Agustini mengemukakan, Tim PSLH UGM telah turun langsung ke Waduk Bentolo sekaligus mengambil sampel air waduk.

”Bahkan pengambilan sampel air dilakukan tiga kali dengan rentang waktu yang berbeda.
Pengambilan sampel air yang pertama dilaksanakan dua pekan setelah penetapan APBD-Perubahan 2015 bulan September,” ujarnya, kemarin.

Wahyu Agustini menegaskan, pihaknya kini menunggu hasil penelitian PSLH UGM tersebut. Diperkirakan akhir Desember ini penelitianya sudah selesai.

Mantan kepala bagian perekonomian Setda Blora itu menyatakan, sesuai komitmen Penjabat (Pj) Bupati Blora Ihwan Sudrajat, hasil penelitian kelak bakal diumumkan secara terbuka.

”Dengan keterbukaan seperti tersebut, masyarakat termasuk media massa akan tahu mengapa Waduk Bentolo seperti itu,” tegasnya.

Sekadar diketahui, pencemaran Waduk Bentolo terjadi pada musim kemarau sekitar bulan Agustus-Oktober. Pencemaran yang ditunjukan dengan adanya bau tidak sedap dan air berubah warna menjadi hitam itu tidak hanya terjadi tahun ini saja.

Tahun lalu peristiwa serupa juga terjadi. Namun ketika itu setelah waduk dikuras, air kembali normal. Hanya saja beberapa bulan kemudian, air kembali tercemar.

Padahal pencemaran itu tidak pernah terjadi sebelum adanya pabrik gula yang berada tak jauh dari waduk. Akibat pencemaran tersebut, PDAM Blora selama beberapa bulan tidak bisa menggunakan air baku dari Waduk Bentolo.

Dia mengakui, saat ini air di Waduk Bentolo telah kembali relatif bersih seiring terisinya air di dalam waduk. Direktur PDAM Blora Eko Budi Risetiawan mengemukakan, PDAM pun sejak 22 Oktober sudah bisa menggunakan lagi air baku dari waduk tersebut. (H18-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

1 komentar:

Wisnu Ibnu said...


Kami dari PT. PETRONUSA TIMUR INSTRUMEN yang terletak di Jl. Basuki Rahmat No. 44B Bojonegoro siap bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup Pemerintah setempat untuk mensuplai alat-alat Laboratory dan bahan kimia untuk menguji masalah limbah tersebut
untuk info lebih lanjut dapat berhubungan dengan bapak anang melalui E-mail berikut ini anang.petronusa@gmail.com atas perhatiannya saya sampaikan terimakasih

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved