Blora on News :
Home » , » Parade Dalang Blora 2015 : 19 Dalang Akan Pentas Selama 19 Jam di Sasana Bakti

Parade Dalang Blora 2015 : 19 Dalang Akan Pentas Selama 19 Jam di Sasana Bakti

infoblora.com on Dec 21, 2015 | 12:00 PM

Setelah menggelar Festival Wayang 15 Dalang dengan 60 Sinden, kini Pepadi Blora akan menggelar Parade Dalang Blora 2015 yang akan menampilkan 19 dalang selama 19 jam. (foto: tio-ib)
BLORA. Masih dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Blora ke 266 serta menyambut Tahun Baru 2016, Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Blora bertepatan dengan Wayangan Malam Jumat Pon akan menggelar acara “PARADE DALANG BLORA 2015” besok pada hari Kamis Pahing malam Jumat Pon (24/12).

H Sukarno Ketua PEPADI Blora, pada Senin (21/12) menjelaskan bahwa kegiatan parade dalang ini merupakan program kerja PEPADI terakhir tahun 2015. Parade dalang tidak lain untuk mengasah kemampuan dalang-dalang lokal Blora. Sejauh mana kemampuan dalang Blora dalam mementaskan wayang, akan dinilai.

“Parade ini nanti akan dilombakan, rencana diikuti oleh 19 dalang se Blora bertempat di Gedung Sasana Bakti mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. Kemungkinan hingga Jumat dini hari karena setiap dalang diberikan waktu pentas selama 1 jam. Minimal pentas 19 jam non stop,” jelasnya.

Pihaknya dari PEPADI selaku panitia penyelenggara membebaskan dalang-dalang peserta parade untuk membawakan lakon apa saja. “Lakon yang akan dibawakan dalam parade tidak ditentukan oleh panitia. Peserta dibebaskan akan mementaskan lakon apa saja, yang penting menghibur dan sarat makna,” lanjutnya.

“Untuk ke 19 dalang yang akan mengikuti parade, kami sudah sediakan pengrawit dari peguyuban karawitan Among Raos untuk mengiringi pementasan wayang. Selain itu ada 6 sinden atau waranggono yang kami sediakan. Sehingga para dalang peserta parade tidak perlu bawa pengrawit dan sinden,” paparnya.

Menurutnya, direncanakan parade dalang tersebut juga akan dihadiri Bapak Asuh Pedalangan Kabupaten Blora yakni H Djoko Nugroho yang juga sebagai calon bupati terpilih hasil Pilkada 2015 beberapa waktu lalu.

Untuk penilaian parade dalang nanti akan dilakukan oleh Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani), para guru bahasa jawa dari MGMP SMP Kabupaten Blora serta perwakilan pelajar SMA.

“Masyarakat silahkan berbondong-bondong untuk menyaksikan parade dalang di Gedung Sasana Bakti besok Kamis pagi hingga malam Jumat. Gratis untuk umum, dan panitia menyediakan kopi gratis. Semoga ini bisa bermanfaat untuk pelestarian budaya lokal jawa khususnya wayang kulit dan gamelan,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, sebelumnya Pepadi Blora juga menggelar kegiatan Festival Wayang 15 Dalang dengan 60 Sinden dalam rangka Hari Wayang Internasional pada awal November lalu. Acara digelar di panggung terbuka Blok T yang berlangsung meriah. (tio-infoblora).
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved