Blora on News :
Home » , » Mendekati Natal dan Tahun Baru, Harga Sembako di Pasar Blora Meroket Tajam

Mendekati Natal dan Tahun Baru, Harga Sembako di Pasar Blora Meroket Tajam

infoblora.com on Dec 23, 2015 | 7:00 AM

Sejumlah komoditi kebutuhan pangan atau sembako di Pasar Blora mendekati Natal dan Tahun Baru harganya meroket. (foto: teg-ib)
BLORA. Mendekati perayaan hari raya natal dan Tahun Baru 2016 harga sejumlah kebutuhan pokok atau sembako di Pasar Blora meroket. Kenaikan harga dipicu seretnya pasokan sejumlah kebutuhan pokok kepada pedagang akibat pengaruh cuaca yang buruk, sedangkan permintaan barang menjelang Natal dan Tahun Baru semakin meningkat.

Berdasarkn data yang dihimpun di Pasar Blora pada Selasa (22/12) kemarin siang, harga kebutuhan pokok yang naik tersebut di antaranya telur, bawang merah, bawang putih, cabai rawit. Harga telur ayam  yang semula Rp 16.000/kilogram (kg), kini naik menjadi Rp 21.500/kg.

Salah satu pedagang, Wiji Lestari (54), mengatakan kenaikan harga sudah terjadi sepekan terakhir. Menurutnya, kenaikan harga dipicu tingginya permintaan barang menjelang Natal dan tahun baru.

“Sebentar lagi mau Natal dan banyak yang punya gawe jadi permintaan banyak, sementara pasokan barang seret sehingga harganya jadi naik,” jelas Wiji.

Selain itu pihaknya menambahkan stok bahan pokok yang semakin menipis juga menjadi salah satu pemicu harga bahan pokok mroket hingga dua kali lipat tingginya dari harga semula.

“Musim hujan yang sudah mulai turun membuat stok bahan semakin tipis dan itu membuat harga bahan pokok ikut melonjak,” terangnya.

Pihaknya mengaku harga bawang merah meroket cukup tajam. Semula, harga bawang merah Rp 8.000/kg, kini naik menjadi Rp 25.000/kg. Bawang putih yang semula Rp 18.000/kg, kini naik menjadi Rp 21.000/kg.

“ Hampir semua komoditi naik semua, hal ini tentu membuat para pembeli banyak yang mengeluh,” Imbuhnya.

Salah satu pedagang lainya, Sri Rahayu, mengatakan harga berbagai jenis cabai juga melonjak. Cabai rawit merah yang semula Rp 7.000/kg, kini naik menjadi Rp 20.000/kg. Cabai merah yang semula Rp 11.000/kg, kini naik menjadi Rp 30.000/kg.

“Banyaknya kebutuhan pokok yang naik membuat para pembeli bingung sebab baru satu hari sudah naik terus,” katanya.

Oleh karena itu pihaknya berharap agar harga-harga kebutuhan pokok yang ada di pasar induk Blora bisa stabil sehingga tidak membingungkan para pembeli yang hendak membeli. Sebab banyak yang bingung dan kaget.

“Hampir seminggu ini setiap harinya pasti ada kenaikan oleh karena itu kalau bisa harga ya stabil seperti beberapa bulan yang lalu. Misal naik ya jangan terlalu banyak seperti ini,” keluhnya.

Sementara itu salah satu pembeli Murtinah mengaku kenaikan yang begitu signifikan ini membuat ia merasa keberatan. Selain itu meroketnya harga tentu membuat uang belanja semakin membengkak.

“Naiknya sejumlah harga bahan pokok seperti bawang merah, cabai rawit, cabai merah, dan sejumlah harga bahan pokok lainnya tentu keberatan terlebih naiknya harga sangat tinggi. Oleh sebab itu kami berharap harga bisa segera stabil kembali agar tidak terlalu memberatkan para pembeli,” harapnya. (teg/tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved