Blora on News :
Home » , , » Kecamatan Kunduran Dikembangkan Menjadi Pusat Budibaya Tanaman Kelor

Kecamatan Kunduran Dikembangkan Menjadi Pusat Budibaya Tanaman Kelor

infoblora.com on Dec 16, 2015 | 11:30 AM

Tanaman Kelor mulai dikembangkan di wilayah Kecamatan Kunduran. (foto: istimewa)
BLORA. Tim pengerak PKK Kecamatan Kunduran mulai membudidayakan tanaman kelor bukan hanya di pekarangan Kantor Kecamatan, namun akan juga dilakukan di pekarangan warga desa yang ada di Kecamatan Kunduran. Sehingga Kecamatan Kunduran akan menjadi sentra tanaman kelor yang ada di Blora bahkan nasional.

Camat Kunduran Riyanto Warsito mengatakan kalau tanaman kelor tersebut memiliki banyak khasiat dan nilai ekonomi yang tinggi. Bahkan produk dari tanaman kelor sudah tersebar di seluruh indonesia dan dikenal di luar daerah.

“Di luar sana sudah terkenal kalau kelor itu dari Blora dan Kunduran merupakan sentranya,” ujar Riyanto Warsito di dampingi istrinya yang menjadi Ketua Tim Pengerak PKK Kecamatan Kunduran.

Menurutnya tanaman kelor bisa diolah dengan beragam panganan tradisonal bahkan juga panganan modern. Selain itu juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi sehingga sangat cocok untuk di budidayakan kepada masyarakat. 

“Diharapkan ini akan mengenalkan kelor untuk gizi keluarga khususnya melalui kegiatan PKK,” jelasnya.

Di pekarangan Kantor Kecamatan tanaman kelor ditanam secara tumpang sari bersama tanaman kubis, kacang panjang dan tanaman lainnya. Setiap tim pembina PKK desa dan kader PKK akan diberi bantuan bibit kelor agar bisa ditanam di pekarangan rumah masing-masing.

Sementara itu Pelaku usaha produk tanaman kelor A Dudi Krisnadi mengakui kalau tanaman kelor sudah dikembangkan dengan beragam produk, mulai dari teh, es puter, obat herbal dan produk turunan lainnya sehingga kelor bisa dikenal di mana-mana.

“Tanaman kelor ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi sehingga layak untuk di budidayakan bagi warga desa yang ada di Kunduran,” ujar A Dudi Krisnadi. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved