Blora on News :
Home » , » Kecamatan Kradenan Kaya Potensi Kepurbakalaan di Tepi Bengawan Solo

Kecamatan Kradenan Kaya Potensi Kepurbakalaan di Tepi Bengawan Solo

infoblora.com on Dec 27, 2015 | 9:01 AM

Sejumlah fosil yang berhasil ditemukan di pesisir Bengawan Solo Kecamatan Kradenan, Blora. (foto: rs-ib)
BLORA. Daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo yang melewati sejumlah wilayah di Kecamatan Kradenan diperkirakan menyimpan banyak fosil binatang purba. Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora, Slamet Pamuji, melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Suntoyo mengungkapkan, beberapa kali ditemukan fosil binatang purba di DAS Bengawan Solo di wilayah Kecamatan Kradenan.

Diantaranya bofidae (pemamahbiak) seperti sapi dan kerbau, kura-kura, panther tigris (macan) dan buffalow (banteng). Selain itu ada juga penemuan spektakuler fosil gajah purba Elephas Hysudrindicus.

Fosil gajah purba itu diperkirakan berusia sekitar 200.000 hingga 800.000 tahun. Temuan Tim Vertebrata Museum Geologi Bandung ini merupakan penemuan fosil gajah purba terlengkap selama 100 tahun terakhir dan fosilnya pun relatif utuh.

Setelah dilakukan penggalian (ekskavasi), fosil itu dibawa ke Museum Geologi Bandung. Di tempat itulah selanjutnya dilakukan penyatuan (rekontruksi) fosil-fosil yang sebelumnya terpisah satu dengan lainnya.

Museum Geologi Bandung melaunching fosil gajah purba tersebut pada 19 Mei 2014. Replika fosil gajah purba itu kemudian dipamerkan di ruangan yang terletak utara Alun-alun Blora.

‘’Penemuan fosil terakhir di Kradenan terutama di Desa Medalem adalah sepasang gading gajah yang besarnya tidak kalah dengan gading Gajah Purba Elephas Hysudrindicus pada bulan Oktober,’’ ujar Suntoyo.

Dia menuturkan, di masa lampau diperkirakan kawasan Desa Medalem dan sekitarnya berupa padang savana tepian sungai Bengawan Solo. Di padang savana itulah hidup beraneka jenis binatang purba. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved