Blora on News :
Home » , » Jadi Adipati, Ihwan Sudrajat Diserbu Warga di Sepanjang Rute Kirab Budaya

Jadi Adipati, Ihwan Sudrajat Diserbu Warga di Sepanjang Rute Kirab Budaya

infoblora.com on Dec 12, 2015 | 1:30 AM

Pj.Bupati Blora Ihwan Sudrajat sebagai sang Adipati diserbu warga untuk bersalaman sepanjang rute kirab. (foto: tio-ib)
BLORA. Meskipun digelar secara sederhana karena bertepatan dengan hari Jumat dan masih dalam suasana pasca Pilkada beberapa hari lalu, pelaksanaan Kirab Budaya Hari Jadi Kabupaten Blora yang ke 266, Jumat (11/12) kemarin berlangsung sukses dan meriah.

Penjabat (Pj) Bupati Blora Ihwan Sudrajat yang mengawali kirab sebagai sang adipati bersama istri menjadi pusat perhatian warga masyarakat. Memakai songsong agung bak raja-raja jawa kuno, Ihwan Sudrajat berjalan kaki didampingi istrinya, Madelinggar Asih dengan dipayungi sang abdi kadipaten mulai keluar Pendopo Kabupaten hingga finish di DPRD.

Sepanjang jalan yang dilalui kirab, ribuan warga menyemut dan berebut salam atau bersalaman dengan sang adipati. Selayaknya rakyat yang melepas rindu dengan rajanya, mulai anak-anak hingga ibu-ibu memanfaatkan momentum ini untuk bersalaman bersama adipati. Bahkan beberapa diantaranya sampai meminta foto selfie dengan adipati Ihwan Sudrajat.

Penonton nekad meminta foto selfie bersama sang Adipati. (foto: tio-ib)
“Senang bisa bersalaman dengan Pak Bupati mas, semoga besok bisa ketularan jadi bupati,” kata Valent salah satu pelajar yang menyaksikan kirab di Jl.Pemuda Kota Blora, kemarin.

Senada dengan Valent, hal yang sama disampaikan Indah salah satu warga Blora asal Jepon yang berhasil mengajak Pj.Bupati Ihwan Sudrajat untuk foto selvie bersama. “Ini moment langka setahun sekali jadi jangan dilewatkan begitu saja. Alhamdulillah tadi bisa berfoto bersama Bupati bersama teman-teman,” bebernya sambil tersenyum.

Begitu juga dengan Pj.Ihwan Sudrajat, ia tampak senang melayani permintaan salaman dari ribuan warga yang memadati rute mulai Pendopo Kabupaten - Jl.Pemuda - Jl.Ahmad Yani hingga finish di DPRD sebagai simbol rumah rakyat. “Alhamdulillah warga bisa ikut merayakan hari jadi ini melalui sajian kirab budaya ini,” kata Ihwan.

Sekedar diketahui, Kirab Budaya dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Blora ke 266 kemarin mulai dilaksanakan pukul 08.30 WIB molor dari rencana awal pukul 07.00 WIB. Meskipun molor, tetapi tetap ditunggu-tunggu ribuan penonton.

Gunungan lanang wadon disertakan dalam kirab budaya Hari Jadi Kabupaten Blora ke 266 kemarin. (foto: tio-ib)
Kirab diawali oleh pasukan paraga kirab yang terdiri dari seorang Subo Manggolo, tindih prajurit, pembawa bendera merah putih dan lambang daerah, Bupati dan istri diapit plus ajudan/pembawa payung dan enam orang prajurit Bhayangkara.

Kemudian urutan kirab oleh Ketua DPRD, Dandim 0721 Blora, Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Danyon 410, Dan Sub Denpom, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Rutan. Masing-masing didampingi istri dan ajudan. Mengiringi langkah paraga budaya, yakni manggolo retno, domas, manggolo yodho, prajurit patangpuluhan, prajurit tetabuhan, prajurit pembawa gunungan lanang dan wadon, kemudian Komunitas Pemangku Adat (Sedulur Sikep).

Pasukan putri domas dipimpin seorang manggolo retno mengikuti Kirab Budaya Hari Jadi Blora ke 266. (foto: tio-ib)
Berikutnya, tata urutan pangombyong kirab yaitu sepasang duta wisata Blora tahun 2015, kelompok DPRD dan Setwan. Selanjutnya, Kelompok Penegak Hukum(pejabat di jajaran Polres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Rutan Blora, Kodim 0721 dan Pengadilan Agama Blora).

Urutan berikutnya, eksibisi dari Kabupaten Tuban, Kudus, Jepara. Menyusul Kelompok Setda dan Kelompok Camat se Blora, kelompok seni SMP Negeri 1 Blora dan Kelompok Dinas Daerah. Kelompok Seni SMA Negeri 1 Blora, Kelompok Lembaga Teknis Daerah, Kelompok Seni SMAN 2 Blora, Kelompok instansi vertikal, Kelompk PT/ Persero, kelompok Seni SMA Negeri 1 Tunjungan, kelompok BUMN/BUMD, dan Kelompok Perbankan. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved