Blora on News :
Home » , » Hari Jadi 266 : Usai Dijamas, Pusaka Kabupaten Akan Dikirab Tengah Malam Nanti

Hari Jadi 266 : Usai Dijamas, Pusaka Kabupaten Akan Dikirab Tengah Malam Nanti

infoblora.com on Dec 10, 2015 | 5:00 PM

Seorang petugas sedang menjamas pusaka kabupaten. (foto: heri)
BLORA. Prosesi peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke 266 mulai dilakukan hari ini, Kamis (10/12) dengan beberapa agenda. Setelah melakukan ziarah di makam leluhur dan bupati tempo dahulu pada Kamis pagi tadi, Bupati dan Forum Musyawarah Pimpinan Daerah (Forkopimda) Blora nanti malam akan mengikuti prosesi kirab pusaka kabupaten.

Sebelum dikirab nanti malam, pusaka kabupaten sendiri sebelumnya telah dilakukan proses penjamasan atau pencucian dengan air bunga dan jeruk nipis di kompleks Pendopo Kabupaten pada pukul 11.00 WIB siang tadi. Diantaranya keris Kyai Bisma milik Bupati Blora tempo dulu, tombak prajurit kabupaten, payung, tongkat komando bupati, serta beberapa keris kuno lainnya.

Kepala Bidang Kebudayaan DPPKKI Kabupaten Blora, Suntoyo menjelaskan bahwa jamasan pusaka sudah merupakan tradisi setiap Hari Jadi Kabupaten Blora tiba. “Ini sudah tradisi tahunan sebagai bentuk penghormatan benda-benda pusaka peninggalan leluhur agar tetap terawat dan terjaga keasliannya,” katanya.

Setelah dijamas, berdasarkan keterangan yang diperoleh nanti malam tepat pukul 00.00 WIB akan dilakukan kirab pusaka dengan laku bisu (tanpa suara). Kirab akan diberangkatkan oleh Penjabat (Pj) Bupati Ihwan Sudrajat dari Pendopo Kabupaten. Semua peserta kirab akan mengenakan busana jawa, memakai beskap dan jarik batik serta blangkon.

Beberapa benda pusaka Kabupaten Blora yang telah dijamas pagi tadi. (foto: heri)
“Rencananya sedulur sikep samin dari Desa Sambongrejo dan Desa Klopoduwur juga akan turut serta mengikuti jalannya kirab nanti malam,” lanjut Suntoyo.

Kirab sendiri akan melalui sejumlah rute jalan-jalan utama mengelilingi pusat Kota Blora. Begitu keluar dari Pendopo Kabupaten ke Alun-alun, peserta kirab akan bergerak menuju Jl.RA Kartini - Jl.Dr Sutomo - Gunung Sumbing - Jl.Pemuda - Jl.Arumdalu - Jl.Kol Sunandar - Jl.Nusantara - Jl.KHA Dahlan - Jl.Abu Umar dan kembali ke Pendopo Kabupaten.

Sedangkan pucak Hari Jadi Kabupaten Blora ke 266 sendiri akan diperingati dengan Kirab Budaya keesokan harinya, Jumat (11/12) mulai 07.00 WIB dengan mengambil start dari Pendopo Kabupaten menuju Kantor DPRD Kabupaten Blora dengan rute sejauh 2 km menyusuri Jl.Pemuda dan Jl.Ahmad Yani. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved