Blora on News :
Home » , , » Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Dukung Pengembangan Blora Kota Berbudaya

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Dukung Pengembangan Blora Kota Berbudaya

infoblora.com on Dec 23, 2015 | 9:00 AM

H.Arief Rohman SIP M.Si (kanan) calon wakil bupati Blora terpilih, saat bertemu dengan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI di Jakarta, Minggu (20/12). (foto: ar-ib) 
BLORA. Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Prof. Dr Kacung Marijan MA ternyata tertarik dengan potensi budaya yang dimiliki Kabupaten Blora. Bahkan dirinya mendukung penuh jika Blora dikembangkan menjadi Kota Budaya di Jawa Tengah. Hal tersebut disampaikan Dirjen Kebudayaan Kacung Marijan saat bertemu dengan Calon Wakil Bupati Terpilih H.Arief Rohman SIP, M.Si pada hari Minggu (20/12) di Jakarta.

Menurut keterangan dari H.Arief Rohman, SIP, M.Si, pada hari Selasa (22/12) kemarin, Dirjen Kebudayaan sangat berminat untuk mengembangkan potensi budaya tentang keunikan Sedulur Sikep (Samin) yang ada di Blora dan sejarah eksplorasi migas di Kecamatan Cepu yang sudah dikenal dunia.

“Saat saya bertemu dengan Pak Dirjen kemarin (minggu-red), beliau memberi beberapa gagasan pengembangan Blora Kota Berbudaya. Salah satunya ingin membangun sebuah kampung budaya yang didalamnya terdapat rumah Samin lengkap mulai dari sejarah, tradisi serta kearifan lokalnya. Semacam museum untuk wisata edukasi generasi muda kita,” ungkapnya.

Selain itu, menurut H.Arief Rohman, SIP, M.Si, Dirjen Kebudayaan juga mendorong adanya sebuah Museum Migas di Kabupaten Blora, khususnya di wilayah Kecamatan Cepu yang sudah dikenal sebagai Kota Minyak.

“Kalau kita ke Malaysia, di Petronas itu ada museum migas mulai dari proses pencarian minyak, produksi hingga pemasarannya. Tetapi di Indonesia belum ada, hanya ada Museum Geologi di Bandung yang sifatnya umum, belum terfokus pada eksplorasi migasnya. Beliau ingin di Cepu ada museum migas untuk media pembelajaran, terlebih disini sudah ada Akamigas,” lanjutnya.

Ia menyampaikan bahwa Prof Kacung (sapaan akrab Kacung Marijan) siap memfasilitasi perencanaan pembangunan dua gagasan tersebut, baik rumah Samin maupun museum Migas.

“Bahkan beliau berkeinginan dalam waktu dekat ini untuk berkunjung ke Blora. Meninjau sekaligus merumuskan konsep Blora Kota Berbudaya. Saya akan dorong Pj.Bupati Ihwan Sudrajat dan kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Slamet Pamudji untuk membuat acara diskusi publik dengan Pak Dirjen dengan mengundang sejumlah stakeholder terkait,” tambah Arief Rohman.

Dia berharap jika gagasan ini berhasil dan bisa diwujudkan, maka sektor wisata budaya di Kabupaten Blora bisa hidup yang pada ujungnya akan bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD). Dirinya juga berjanji akan mempermudah akses kunjungan ke Blora jika nanti sudah dilantik sebagai wakil bupati bersama bupati Djoko Nugroho pada pertengahan 2016. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved