Blora on News :
Home » , , » Di Bangsri Jepon, Kementerian Desa PDTT Bagikan Alat Pertanian Multiguna

Di Bangsri Jepon, Kementerian Desa PDTT Bagikan Alat Pertanian Multiguna

infoblora.com on Dec 19, 2015 | 6:00 AM

Mewakili Menteri Marwan Ja'far, Staf Ahli Dr.Rusnadi Djasung menyerahkan bantuan alat pertanian multiguna di Desa Bangsri Kec.Jepon, kemarin. (foto: teg-ib)
BLORA. Menteri Desa, Pembanguan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT)  H. Marwan Ja’far, SE, SH, BBA, dalam pengarahannya yang dibacakan Staf  Ahli Kemendes PDTT Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, Dr. Rusnadi Padjung mengungkapkan bahwa pihaknya mempunyai mandat  untuk menjalankan nawacita Jokowi-JK, khususnya nawacita nomor  3 “Membangun Indonesia dari Pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan,”.

Salah satunya adalah mengawal implemantasi Undang-Undang No.6 Tahun  2014  tentang desa yang secara sistematis, konsisten dan berkelanjutan dengan fasilitasi, supervisi dan pendampingan.

Pengarahan menteri desa tersebut dibacakan dalam  kegiatan penyerahan bantuan peralatan pertanian mesin perontok multiguna, rice miling, handtractor dan lainnya kepada kelompok tani dan LMDH yang berlangsung di desa Bangsri Kecamatan Jepon, Jumat (18/12) kemarin.

“Dengan pemberian bantuan peralatan pertanian ini nanti diharapkan dapat meningkatkan peran desa hutan dalam mewujudkan kedaulatan pangan, sekaligus bahwa dengan pendayagunaan sumber daya hutan mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat desa,” kata Menteri Marwan Ja’far dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dr.Rusnadi Padjung.

Acara diakhiri dengan penanaman pohon jati di lahan milik warga. Tampak hadri Wakil Bupati Blora terpilih H. Arief Rohman M.Si dalam acara tersebut. (foto: teg-ib)
Pada tahun ini, menurut Menteri Marwan Ja’far, KemenDes PDTT mengalokasikan dana pengadaan bantuan peralatan pertanian. “Tentunya, harapan kami desa penerima bantuan dapat mengelola dan mengawasi bantuan tersebut.  Selain itu kami juga mengharapkan agar bantuan tersebut  dapat meningkatkan peran dari masyarakat desa sekitar hutan terhadap kelanjutan fungsi dan manfaat sumber daya hutan serta memberikan efek  kesejahteraan bagi masyarakat  terutama peningkatan  produktiitas pangan,” ungkapnya.

Acara di desa Bangsri  mengawali kegiatan penyerahan bantuan yang sama di  44 Desa  pada 21 Kabupaten pada empat Provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Provinsi Banten. Sehingga total ada 47 desa.

Bantuan Peralatan diberikan kepada dua kelompok tani dan satu LMDH, yaitu kelompok tani desa Bangsri dan kelompok tani desa Kemiri kecamatan Jepon, kemudian bantuan untuk LMDH diserahkan kepada LMDH Desa Gayam Kecamatan Bogorejo.

Hadir dalam acara tersebut Direktur PSDA Kemendes PDTT, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, Plt Setda Blora, Asisten Setda Blora, Kepala SKPD  dan unsur Forkopimda Blora.

Acara yang dihibur dengan seni barongan tersebut diakhiri  dengan penanaman pohon jati oleh  sejumlah pejabat terkait di lingkungan wilayah desa setempat.  Nampak hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Blora terpilih H Arief  Rochman, M.Si. (DPPKKI | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved