Blora on News :
Home » , » Demam Berdarah Mengancam, Warga Blora Diimbau Tingkatkan Gerakan PSN

Demam Berdarah Mengancam, Warga Blora Diimbau Tingkatkan Gerakan PSN

infoblora.com on Dec 3, 2015 | 12:30 AM

Memasuki musim penghujan, warga Blora diminta waspada ancaman demam berdarah, dengan meningkatkan gerakan PSN. (foto: rs-ib)
BLORA. Masyarakat diminta mewaspadai merebaknya penyakit demam berdarah (DB) saat pergantian musim dari kemarau ke musim hujan seperti saat ini. Sebab, diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah kasus DB seiring datangnya musim hujan.

Air yang menggenang di satu wadah menjadi tempat berkembangbiaknya jentik nyamuk aedes aegypti pembawa virus dengue penyebab demam berdarah. Saat musim kemarau, wadah yang bisa menampung air tersebut biasanya tergeletak begitu saja di sekitar rumah. Dan ketika turun hujan, wadah itupun dipenuhi air dan bisa menjadi tempat bersarang nyamuk.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora Henny Indriyanti, melalui Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman (P2PLP) Lilik Hernanto menyatakan, penyakit DB bisa saja muncul setiap saat.

Namun saat pergantian musim dan ketika musim hujan, jumlah kasus DB diperkirakan akan meningkat jika tidak disikapi dengan kebersihan lingkungan tempat tinggal. “Sepanjang ada genangan air di wadah atau tempat yang kotor, di situlah sangat mungkin muncul jentik nyamuk aedes aegypti,” ujarnya, Rabu (2/12) kemarin.

Pihaknya mengimbau agar warga masyarakat Kabupaten Blora kembali melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3 M yakni menguras tempat penampungan air secara berkala, mengubur kaleng bekas atau wadah lain yang sudah tidak digunakan dan penutup tempat penampungan air. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved