Blora on News :
Home » , » Asosiasi Daerah Penghasil Migas : BUMD Berpeluang Kelola Kilang Minyak

Asosiasi Daerah Penghasil Migas : BUMD Berpeluang Kelola Kilang Minyak

infoblora.com on Dec 16, 2015 | 1:30 AM

BUMD di wilayah penghasil migas berpeluang kelola kilang minyak mini. (foto: ilustrasi kilang)
BLORA. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di wilayah penghasil minyak dan gas (migas) mempunyai peluang untuk berperan dalam pengelolaan mini refinery (kilang mini). Apalagi jika produksi migas di daerah tersebut kontinyu seperti di kawasan Blok Cepu.

Komisioner Asosiasi Daerah Penghasil Migas (ADPM) Wahyu Setiyaji mengemukakan, wacana mini refenery kuat dibuka dalam pengolahan hasil migas khususnya minyak.

“BUMD mempunyai peluang untuk mengelola kilang,” ujarnya saat menjadi narasumber seminar Pengelolaan Minyak Bumi Pada Sumur Tua Berbasis Daerah dan Lingkungan di ruang pertemuan Setda Blora, kemarin.

Hanya saja menurutnya, masih ada persoalan dalam hal tersebut. Selain kontinyuitas produksi minyak, juga harus ada regulasi yang mendukung BUMD mendirikan dan mengelola kilang mini.

Sementara itu, Dirut BUMD PT Blora Patra Energi (BPE), Christian Prasetya, mengaku pernah melakukan usaha untuk reaktivasi kilang Humpus yang saat ini berada di Pusdiklat Migas Cepu. Namun usaha tersebut gagal, lantaran terbentur aturan.

Pihaknya mengapresiasi wacana pengelolaan mini refinery tersebut. Jika hal itu dilakukan di lokasi produksi minyak mentah, maka akan menjadi multiplayer effect. “Masukan buat ADPM, supaya mendorong adanya proses produksi pada mini refenery,” katanya.

Akan tetapi pihaknya juga tidak ingin disalahkan masyarakat karena dianggap tidak bisa bekerja. “Kalau ada pilihan mini refinery kenapa BUMD tidak melakukan,” kata dia. Padahal, perlu proses panjang dan tidak mudah dalam memanfaatkan peluang mini refinery tersebut. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved