Blora on News :
Home » , » Wujudkan Transparansi Hasil Pilkada 2015, KPU Lakukan Uji Coba SITUNG

Wujudkan Transparansi Hasil Pilkada 2015, KPU Lakukan Uji Coba SITUNG

infoblora.com on Nov 19, 2015 | 12:30 AM

KPU Kabupaten Blora mencoba sistem informasi penghitungan suara (Situng), Rabu (18/11) kemarin. (foto: moe-ib)
BLORA. Beberapa asas yang harus dipenuhi oleh penyelenggara pemilu diantaranya adalah transparansi, akurasi, efisiensi, dan kepastian hukum. Oleh karena itu, Komisi Pemilihan Umum dituntut untuk transparan dalam penyelenggaraan Pilkada.

Salah satu bentuk transparanasi penyelenggaraan pemilu diantaranya adalah dalam hal hasil pemilu yang dapat diakses secara mudah dan cepat oleh masyarakat. Demikian beberapa hal yang ditekankan oleh Anggota KPU RI, Ferri Kurnia Rizkiyansyah, dalam acara bimbingan teknis Sistem Informasi Penghitungan Suara (SITUNG) Pilkada di Hotel Swissbel Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Guna melaksanakan hal tersebut, maka KPU RI memfasilitasi transparansi hasil penghitungan suara pilkada dengan membuat SITUNG yang dapat diakses publik secara langsung melaui portal KPU RI.

Untuk mengantisipasi kelemahan sistem aplikasi SITUNG tersebut, maka pada KPU pada hari Rabu (18/11) kemarin melakukan uji coba secara nasional yang dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. Dalam uji coba ini, KPU Kab/Kota melakukan proses pindai dan entry data hasil pemungutan suara dari minimal 5 TPS di wilayah masing-masing. 

Moesafa, Anggota KPU Blora Divisi Sosialisasi, menjelaskan jika KPU Blora sendiri telah menyiapkan dokumen Formulir Model C dari 9 TPS yang selanjutnya di pindai dan di entry serta dikirim ke alamat yang telah ditentukan oleh KPU RI.

Uji coba oleh KPU Blora berjalan mulus, hingga pada pukul 09.15 seluruh proses ujicoba telah selesai dilaksanakan dan berhasil tampil di portal KPU RI. “Kita berharap pada hari H nanti bisa selancar ini dan tidak terjadi bottlenet, sehingga proses pengiriman ke portal KPU RI dapat berjalan lancar”, papar Moesafa.

Dari SITUNG ini, masyarakat akan bisa segera mengetahui hasil penghitungan suara setiap TPS melalui hasil pindai terhadap Formulir Model C dari setiap TPS yang diunggah di portal KPU. Publik tinggal mencari data TPS mana yang dikehendaki dan mengunduh file hasil pindainya. Dengan demikian, hasil penghitungan dari setiap TPS dapat dilihat, dicermati, sekaligus dikontrol oleh seluruh masyarakat secara luas.


Tidak ketinggalan dengan KPU RI, KPU Blora juga menyediakan portal khusus yang menginformasikan seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada Blora 2015 kali ini yang diberi nama Sistem Informasi Tahapan (SITAP) Pilkada Blora 2015.

SITAP ini didalamnya memuat berbagai hal terkait Pilkada Blora yang salah satunya terdapat menu Hasil Pemilihan. Dari menu inilah masyarakat dapat secara langsung mengakses hasil pemungutan suara setiap TPS di Kabupaten Blora. SITAP Pilkada Blora 2015 selengkapnya dapat diakses di pilkada.kpud-blorakab.go.id (kpu | tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved