Blora on News :
Home » , » Waspadai Hujan Badai, Pohon Tua di Tepi Jalan Kota Blora Perlu Dipangkas

Waspadai Hujan Badai, Pohon Tua di Tepi Jalan Kota Blora Perlu Dipangkas

infoblora.com on Nov 10, 2015 | 12:30 PM

Sejumlah petugas BPBD Blora memotong dahan pohon trembesi yang roboh akibat hujan badai, Minggu (8/11) lalu.
(foto: tio-ib)
BLORA. Banyaknya pohon besar berusia cukup tua di sejumlah jalanan Kota Blora membuat warga khawatir pasalnya memasuki musim hujan sering terjadi pohon roboh dan tumbang tersapu angin kencang saat turun hujan. Seperti yang terjadi pada Minggu (8/11) lalu puluhan pohon besar tumbang tersapu hujan badai di Jl.Gatot Subroto, Jl.MR Iskandar serta Jl.Jendral Sudirman arah Jepon.

Sejumlah warga berharap dinas terkait untuk segera melakukan pemangkasan pohon-pohon besar peneduh jalan agar tidak menimbulkan korban saat hujan deras disertai angin terjadi. “Minggu kemarin banyak ranting pohon patah dan jatuh di Jl.MR Iskandar arah Kamolan mas, menakutkan jika manimpa pengguna jalan. Secepatnya pohon-pohon itu dipangkas saja,” kata Yanuar warga Mlangsen, Blora, Selasa (10/11).

Sementara itu terpisah,Kapolsek Blora Kota AKP Sudarno menjelaskan pihaknya pasca hujan badai lalu langsung melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) bidang kebersihan dan pertamanan untuk bersama-sama melakukan pemangkasan pohon di tepi jalan raya.

“Kami dari kepolisian siap melakukan pengamanan dan pengaturan lalu-lintas saat dilakukan pemangkasan pohon agar tidak terjadi kemacetan,” ungkapnya.

Sampai Selasa siang, sejumlah petugas DPU juga tampak melakukan pemangkasan dan pemotongan dahan pohon tua di Jl.MR Iskandar penghubung Blora menuju Randublatung. Puluhan pohon trembesi berukuran besar mulai dikurangi dahannya agar tidak terlalu berat jika diterpa angin.

Kepala BPBD Kabupaten Blora, Sri Rahayu mengingatkan bahwa pada musim pancaroba awal penghujan ini memang ada potensi hujan deras disertai angin kencang akibat dari dampak elnino. Sehingga pihaknya meminta semua warga Blora untuk waspada dan memotong dahan pohon yang ada di dekat jaringan kabel listrik agar saat hujan deras disertai angin, tidak akan terjadi konsleting listrik.

“Selain mengecek dahan pohon, diharap warga juga melakukan pengecekan atap rumah, dan melaporkan jika ada potensi tanah longsor terutama masyarakat yang bermukim di perbukitan atau dekat sungai besar,” kata Sri Rahayu. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved