Blora on News :
Home » , , » Tunjang Potensi Desa Wisata, Warga Tempuran Dilatih BPMPKB Blora Membatik

Tunjang Potensi Desa Wisata, Warga Tempuran Dilatih BPMPKB Blora Membatik

infoblora.com on Nov 18, 2015 | 1:00 AM

Pembukaan Pelatihan Membatik di Desa Tempuran Blora, Selasa (17/11) kemarin. (foto: teg-ib)
BLORA. Status Desa Wisata yang disandang Desa Tempuran Kecamatan Blora terus mendapatkan dukungan dari pemerintah untuk terus dikembangkan. Salah satunya datang dari Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kabupaten Blora yang peduli terhadap potensi ibu-ibu Desa Tempuran dengan menggelar pelatihan membatik.

“Desa Tempuran sudah dikenal sebagai salah satu desa wisata di Blora dengan potensi Waduk Tempuran, kuliner ikan bakarnya, seni kethopraknya dan kampung bluron. Tidak lengkap rasanya jika desa ini tidak memiliki sentra kerajinan yang bisa dijadikan oleh-oleh wisatawan. Maka dari itu kami dari BPMPKB berinisiatif melakukan pelatihan membatik kepada ibu-ibu di desa ini,” jelas Sudarmono, sekretaris BPMPKB Kabupaten Blora, Selasa (17/11) kemarin saat membuka pelatihan.

Menurutnya pelatihan membatik yang diikuti oleh 22 ibu-ibu di Desa Tempuran tersebut akan diselenggarakan selama 10 hari mulai Selasa (17/11) kemarin hingga Jumat (27/11) bertempat di Balaidesa setempat.

“Agar nanti bisa menghasilkan para perajin batik yang bagus, pelatihan akan dilakukan secara berkesinambungan dari mulai cara membuat motif, mencanting, mewarnai hingga nglorod atau melepas malam, serta pemasarannya,” lanjutnya.

Pihaknya berharap dengan adanya pelatihan ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi mayarakat Tempuran khususnya ibu-ibu rumah tangga yang setiap harinya tidak mempunyai kesibukan khusus. Selain itu nantinya bisa mendongkrak potensi desa wisata untuk bisa lebih maju.

Camat Blora Kota, Kunto Aji yang hadir dalam pembukaan pelatihan mengaku senang dengan diadakannya kegiatan ini. Pihaknya berpesan agar kegiatan pelatihan membatik bisa berlangsung dengan baik dan bisa diikuti dengan sungguh-sungguh serta terus dikembangkan.

“Kedepan bisa berkesinambungan, sehingga para wisatawan yang datang kesini nantinya juga bisa membawa oleh-oleh berupa baju batik khas Desa Tempuran,” harapnya.

Sementara itu Kepala Desa Tempuran Sri Hartini mengaku sangat berterimakasih dengan adanya pelatihan yang dilakukan oleh BPMPKB Kabupaten Blora karena bisa membantu perekonomian warga masyarakat Tempuran.

“Terimakasih kepada BPMPKB yang telah sudi menyelenggarakan pelatihan kepada ibu-ibu di desa kami. Kami berharap setelah pelatihan ini nantinya bisa dikembangkan dengan potensi Desa Wisata. Selain itu batik ini juga bisa mepromosikan Tempuran sebagai desa pusat kerajinan batik di Kabupaten Blora,” pungkasnya. (teg/tio-infoblora)  
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved