Blora on News :
Home » , » Tingkatkan Minat Baca Anak-anak, Pusling KPAD Blora Jangkau Sekolah Perbatasan

Tingkatkan Minat Baca Anak-anak, Pusling KPAD Blora Jangkau Sekolah Perbatasan

infoblora.com on Nov 3, 2015 | 10:30 AM

Anak-anak SD berebut mendekati mobil pintar Perpustakaan Keliling untuk membaca buku. (foto-is)
BLORA. Puluhan siswa SDN Candi Kecamatan Todanan Blora, nampak gembira sekali saat melihat koleksi buku-buku yang ada di Mobil Perpustakaan Keliling (Pusling) milik Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Blora berada di halaman sekolah.

Tanpa menunggu perintah mereka langsung menyerbu mobil Pusling untuk memilih judul buku kesukaan mereka. Setelah mendapatkan buku yang menarik, mereka langsung masuk kelas dan membacanya.

Salah seorang siswa Lia Widya mengatakan kalau buku-bukunya sangat bagus dan banyak yang berwarna serta sangat banyak. Hal itu jarang dijumpai dia dan teman-temannya. “Kalau seminggu sekali ke sini tentu kami semua senang bisa bebas meminjam buku yang ada, koleksinya sanagat banyak” ujar Lia Widya yang juga Ketua Kelas VI.

SDN Candi merupakan sekolah yang berada di perbatasan dengan Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Untuk menuju ke sana tidaklah mudah, sebab jalan yang berkelok-kelok naik di atas perbukitan kendeng utara.

Kepala SDN Candi Jumirah mengaku senang sekolahnya didatangi Pusling. Dia melihat siswa senang dan diharapkan bisa rutin datang ke sekolah. Sehingga bisa membuat minat baca siswa semakin baik, dan beragam pengetahuan didapatkan dan banyaknya koleksi buku yang ada.

“Semoga bisa rutin ke sekolah, agar anak-anak semakin tumbuh minat membacanya,” terang Jumirah, Selasa (3/11).

Terpisah Kepala KPAD Blora Mochammad Sholeh mengatakan bahwa kunjungan perpustakaan keliling di sekolah-sekolah yang berada di daerah perbatasan memang menjadi prioritas, termasuk sekolah yang jauh dari pusat kecamatan.
“Setiap hari mobil Pusling KPAD selalu memberikan pelayanan di sekolah dasar, dan sudah dijadwalkan rutin,” ujarnya.


M Sholeh berharap agar minat baca siswa sekolah semakin baik dengan kunjungan pusling di sekolah. Sebab dengan banyak membaca maka kemampuan siswa juga akan semakin baik. “Semakin banyak membaca maka akan semakin bagus sekaligus mengenalkan perpustakaan sejak dini, bahwa buku-buku banyak ada di perpustakaan dan tinggal pilih sesuai selera,” jelasnya. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved