Blora on News :
Home » , » Tingkatkan Keberhasilan Tanam Jati, Perhutani Gelar Latihan Perlakukan Bibit

Tingkatkan Keberhasilan Tanam Jati, Perhutani Gelar Latihan Perlakukan Bibit

infoblora.com on Nov 17, 2015 | 3:00 AM

Pelatihan perlakukan bibit jati oleh Perhutani PKH Randublatung. (foto: am-sm)
BLORA. Perlakuan terhadap bibit tanaman kehutanan jati secara baik dan benar menjadi tolok ukur  keberhasilan penanaman di lapangan. Hal itulah yang mendasari Perhutani Randublatung, Blora, menggelar pelatihan perlakukan bibit jati.

Pelatihan pengangkutan dan pengambilan bibit jati serta pelaksanaan tanaman jati digelar di Persemaian Jati Kapuan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Randublatung. Pesertanya, adalah para mandor tanam serta kepala resort pemangkuan  hutan (KRPH) yang mempunyai petak tanaman 2015.

Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya Hutan dan Lingkungan Perhutani KPH Randublatung Rani Maharto mengemukakan, pengambilan  dan pengangkutan bibit harus sesuai standart operasional yang telah ditentukan. Namun belum semua petugas memahami standar tersebut. 

“Ada beberapa tahapan yang perlu diketahui oleh setiap petugas lapangan sehingga kerusakan akibat pengambilan dan  pengangkutan bibit bisa diminimalisir,” ujarnya, Senin (16/11).


Saat ini Perum Perhutani dalam penanaman menggunakan bibit jati berasal dari stek pucuk. Keunggulannya, adalah bibit yang  ditanam sudah berkayu. Sehingga mempunyai daya tumbuh di lapangan menjadi lebih baik. 

Persyaratan utama apabila bibit dari  persemaian akan ditanam di lokasi kawasan hutan adalah bibit mempunyai pertumbuhan normal tingginya 20-30 cm, batang lurus dan kokoh,  berkayu (1/3 dari tinggi ) daun tidak terlalu lebar dan kaku serta perakaran banyak dan membentuk gumpalan yang  kompak dengan media. 


“Dan yang paling utama tidak terserang hama penyakit,” kata Rani Maharto.


Segala persyaratan tumbuh tersebut dinilai belum cukup. Harus ada perlakukan istimewa terhadap bibit yang hendak ditanam.  

“Dalam perlakuan itu,  para petugas lapangan harus lebih mencurahkan perhatian baik tenaga dan waktu sehingga keberhasilan  tanaman bisa tercapai sesuai dengan harapan perusahaan,” tandas Rani Maharto. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved