Blora on News :
Home » , » Sumur Air Bekas Humpus Diserahkan Pertamina ADK ke Warga Cabak Jiken

Sumur Air Bekas Humpus Diserahkan Pertamina ADK ke Warga Cabak Jiken

infoblora.com on Nov 4, 2015 | 12:30 AM

Sumur air bekas peninggalan PT.Humpus diserahkan Pertamina ADK agar dikelola warga Desa Cabak Jiken. (foto: am-sm)
BLORA. Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC) Alas Dara Kemuning (ADK) merelakan sumber air yang dimilikinya diserahkan kepada warga Desa Cabak, Kecamatan Jiken. Sumur bor peninggalan Humpus yang sudah lama tidak difungsikan itu, kini diberdayakan. Dari sumur yang berada di kawasan hutan jati tersebut, warga mendapatkan air bersih dua liter perdetik.

PEPC ADK membantu pembangunan sarana dan prasarana untuk mengalirkan air bersih itu ke rumah warga. Diantaranya, dengan membangun jaringan pipa, bangunan penampungan air serta mesin penyedot air. “Bantuan tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR),” ujar Humas PEPC ADK Marina, Selasa (3/11).

Menurutnya, serah terima program air bersih itu telah dilakukan pekan lalu. Diapun berharap program tersebut bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Cabak dan sekitarnya.

Untuk diketahui, memang sejak setahu lalu warga Desa Cabak, Kecamatan Jiken mengajukan izin ke PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu Alas Dara Kemuning (PEPC ADK) untuk mengelola sumur air di kawasan migas ADK. Sumber air itu masuk wilayah hutan jati Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Cepu. 

Kepala Desa Cabak, Ngadenan mengatakan, sumur air itu akan dimanfaatkan warga untuk memenuhi kebutuhan air selama musim kemarau. Karena, sumur air itu telah bertahun-tahun tidak terpakai alias menganggur. Sehingga, warga berupaya memanfaatkannya. 

“Debit air sumur tersebut termasuk cukup besar. Mengingat, debit air di sumur yang dikelola warga hanya 1,3 liter per detik saja. Sehingga, sumur itu bisa memenuhi kebutuhan air bersih bagi 400 rumah warga,” ujarnya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved