Blora on News :
Home » , » Perhutani KPH Cepu & Polsek Jiken Amankan 51 Batang Jati Curian di Desa Nglebur

Perhutani KPH Cepu & Polsek Jiken Amankan 51 Batang Jati Curian di Desa Nglebur

infoblora.com on Nov 19, 2015 | 1:30 PM

Petugas gabungan dari Perhutani KPH Cepu dan Polsek Jiken amankan 52 batang kayu jati curian. (foto: ud-sm)
BLORA. Petugas gabungan dari Perhutani KPH Cepu bersama Polsek Jiken berhasil mengamankan 51 batang kayu jati illegal berbagai ukuran. Kayu-kayu dengan ukuran mulai dari 12 x 12 x 420 cm hingga 30 x 30 x 420 cm itu ditemukan di bantaran sungai yang berada di wilayah Dukuh Pengkok, Desa Nglebur, Kecamatan Jiken.

Dengan penemuan itu petugas menemukan modus baru bagaimana pencuri menyimpan kayu curian untuk mengelabui petugas. Yakni, dalam rangka mengelabui pengawasan petugas, kayu jati curian yang sudah dalam bentuk olahan tersebut, diletakkan di pinggiran sungai dan dipakai untuk pijakan orang ketika akan buang hajat.

Menurut Koordinator Keamanan yang juga Waka ADM KPH Cepu, Agus Kusnandar, dari ukuran kayu yang berhasil ditemukan anggotanya itu, diperkirakan kayu-kayu tersebut merupakan pesanan dari seseorang yang akan membangun rumah joglo.

”Jumlahnya cukup banyak dan jika ditaksir dengan uang, nilainya ditaksir mencapai puluhan juta rupiah,” jelasnya.

Dikemukakan, Agus Kusnandar, saat ini wilayah hutan di perbatasan antara BKPH Nglebur, BKPH Nanas dan BKPH Cabak masuk kategori rawan pencurian. Terbukti akhir-akhir ini petugas sering menangkap pencuri kayu jati yang menggunakan sarana sepeda motor, mobil pribadi, bahkan truk.

“Untuk itu, kami akan terus melakukan patroli bersama kepolisian setempat baik di dalam maupun di luar kawasan hutan. Semua itu dalam rangka untuk menekan angka pencurian,” tambah Agus Kusnandar. (Ud-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved