Blora on News :
Home » , » Pelestarian Seni Budaya Samin Akan Berbuah Manfaat Bagi Blora

Pelestarian Seni Budaya Samin Akan Berbuah Manfaat Bagi Blora

infoblora.com on Nov 8, 2015 | 12:30 AM

Pendopo Kampung Samin Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Blora saat ada kegiatan belum lama ini. (foto: rs-ib)
BLORA. Penampilan tim seni karawitan Sanggar Cahyo Sumirat, Desa Purwosari, Kecamatan Blora di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, patut mendapatkan apresiasi. Peneliti Samin dan Dosen STAIN Kudus, Doktor Moh Rosyid menuturkan, penampilan duta seni Blora dalam rangka memeriahkan Festival Wayang Kulit Nusantara III di Sawahlunto adalah buah dari penghargaan budaya leluhur yang selama ini dilakukan warga Samin Blora. 

“Siapa yang menghargai budaya leluhur, pada saatnya akan menimba mutiara untuk kemaslahatan,” ujarnya Sabtu (7/11).


Penampilan wayang kulit Blora di festival yang berlangsung tanggal 22-24 Oktober 2015 itu merupakan kesinambungan hubungan budaya antara Pemkot Sawahlunto pernah berkunjung ke Blora. Keakraban dipicu adanya penemuan makam Ki Samin Surosentiko di Puncak Gunung Putri, Sawahlunto. 

Bahkan tokoh Samin Blora diberi kesempatan menziarahi makam. Ki Samin semasa hidup di Blora melakukan perlawanan dengan Belanda sehingga ia diasingkan ke Sawahlunto sampai kemudian meninggal di pengasingan.


Menurut Rosyid, dari keakraban yang tercipta antara Pemkab Blora dan Sawahlunto, dapat ditarik benang merah untuk dipetik manfaatnya. Menurutnya, hubungan budaya kedua daerah sebagai penanda bahwa karya budaya dapat dijadikan jalinan interaksi positif kedua belah pihak. Karena itu, kata Rosyid, daerah lain yang masih eksis komunitas Samin dapat menimba wawasan bahwa jejak Ki Samin dihargai oleh warga Sawahlunto. 

“Semestinya, daerah lain yang ada komunitas Saminnya seperti Kudus dan Pati bisa mengambil pelajaran dari hubungan yang terjalin antara Blora dan Sawahlunto,” ucapnya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved