Blora on News :
Home » , » Pedagang Minta Pemkab Segera Sosialisasikan Rencana Pembangunan Pasar Blora

Pedagang Minta Pemkab Segera Sosialisasikan Rencana Pembangunan Pasar Blora

infoblora.com on Nov 30, 2015 | 6:00 PM

Pembangunan Pasar Blora direncanakan tahun 2016, pedagang minta Pemkab untuk segera melakukan sosialisasi. (foto: rs-ib)
BLORA. Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Induk Blora Tarwa Saladin meminta pemkab segera menyosialisasikan rencana pembangunan Pasar Induk Blora kepada para pedagang.

Menurutnya, selama ini pedagang hanya tahu rencana pembangunan pasar dari media pemberitaan. ‘’Kami minta segera disosialisasikan. Apalagi katanya pembangunan Pasar Induk Blora akan dilakukan tahun depan,’’ ujarnya, Sabtu (28/11).

Dia menegaskan, pedagang pasar sama sekali tidak tahu tempat yang selama ini menjadi pusat aktivitas mencari nafkah setiap hari tersebut akan direnovasi. ‘’Desain pasar nanti seperti apa, kami juga perlu tahu,’’ katanya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Disperindagkop UMKM) Blora Maskur menuturkan, dalam waktu dekat ini, pihaknya merencanakan sosialisasi pembangunan pasar kepada seluruh pedagang. Tak lupa pula akan dibahas relokasi pedagang untuk sementara di saat pembangunan dilakukan.

Dibutuhkan dana Rp 40 miliar untuk merevitalisasi Pasar Induk Blora. Namun dari jumlah itu, pemkab baru mengalokasikan Rp 20 miliar dalam RAPBD 2016. Agar kekurangan dana tersebut menjadi tercukupi, Penjabat (Pj) Bupati Ihwan Sudrajat mengharapkan adanya bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng maupun Pemerintah Pusat.

Pasar tersebut nantinya akan dibangun tiga lantai, dengan dilengkapi eskalator. Bangunan tiga lantai di Pasar Induk Blora dapat menampung sekitar 800 pedagang. Dari kapasitas 800 pedagang, tetap mengutamakan pedagang lama.

Pembangunannya bakal dilakukan pemkab dengan melelangnya di Unit Layanan Pengadaan (ULP) bukan diserahkan ke investor. Kalau investor yang membangun nanti dikhawatirkan harga kios menjadi mahal dan pedagang tidak sanggup menempati bangunan pasar baru. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved