Blora on News :
Home » , » Haul Sunan Pojok Blora Siap Digelar 4-7 November 2015, Berikut Kegiatannya

Haul Sunan Pojok Blora Siap Digelar 4-7 November 2015, Berikut Kegiatannya

infoblora.com on Nov 2, 2015 | 12:00 PM

Spanduk event Haul Sunan Pojok telah dipasang di pelataran komplek Makam Gedong selatan Alun-alun Blora. (foto: rs-ib)
BLORA. Sederetan acara untuk memeriahkan Peringatan Haul Sunan Pojok Blora atau Syech Abdurrohim mulai disiapkan oleh panitia penyelenggara. Peringatan Haul Sunan Pojok yang akan diselenggarakan selama 4 hari mulai 4 November hingga 7 November 2015 mendatang akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan.

Ketua Panitia Peringatan Haul Sunan Pojok tahun 2015, Drs.Suryanto, M.Si menjelaskan bahwa pihaknya telah jauh-jauh hari menyiapkan sejumlah acara pendukung dengan beberapa pihak terkait untuk memeriahkan Haul Sunan Pojok tahun ini.

“Kami telah susun beberapa acara perintgatan selama 4 hari berturut turut mulai Rabu besok hingga malam Minggu. Sejumlah kegiatan seni budaya islami dan kegiatan keagamaan telah disusun yang diakhiri dengan pengajian akbar pada 25 Muharram malam 26 Muharram, tepat malam Minggu nanti,” jelasnya, Senin (2/11).

Menurutnya acara Haul Sunan Pojok akan dimulai Rabu (4/11) dengan penyelenggaraan Parade Rebana atau Musik Hadroh, Parade Hijab serta tumpengan bersama di Alun-alun Blora mulai 20.00 WIB.

Pada hari Kamis nya (5/11) akan dilaksanakan Festival Sunan Pojok mulai 20.00 WIB dengan mengambil lokasi di Alun-alun Blora. Dalam acara ini akan menampilkan sejumlah acara seni budaya islami. Ia menuturkan dalam acar ini biasanya akan ada banyak pedagang kali lima (PKL) yang berjualan jajanan dan pernak-pernik muslim.

Komplek Makam Gedong Sunan Pojok di selatan Alun-alun ditetapkan menjadi situs budaya Kabupaten Blora. (foto: rs-ib)
Selanjutnya pada Jumat malam (6/11) pihak panitia akan menyelenggarakan Khotmil Qur’an Bin Nadhor mulai pukul 20.00 WIB di komplek Makam Sunan Pojok yang berada di selatan Alun-alun Blora. Malam itu juga dilakukan pembukaan dan penggantian kelambu makam Eyang Sunan Pojok.

Masih menurut Drs.Suryanto M.Si, acara Haul Sunan Pojok dilanjutkan pada Sabtu pagi (7/11) mulai pukul 06.00 WIB hingga 16.30 WIB dengan kegiatan Khotmil Qur’an Bin Ghoib yang dilanjutkan dengan tahlil umum bersama Bupati dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Blora, dimana akan diisi tausyiah oleh KH Abu Naim dari Jepara.

Sedangkan malam puncak Haul Sunan Pojok akan dimeriahkan dengan pelaksanaan Pengajian Akbar yang akan diselenggarakan pada Sabtu malam Minggu (7/11) pukul 20.00 WIB di depan Masjid Agung Baitunnur - Alun-alun Blora. KH Agus Ali Masyhuri (Gus Ali) dari Sidoarjo Jawa Timur dipercaya oleh panitia untuk memberikan maulidzoh hasanah dalam pengajian akbar tersebut.

“Kami harap seluruh masyarakat bisa turut serta menyukseskan acara ini. Sejumlah pihak terkait baik dari Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI), Kepolisian dan Yayasan Sunan Pojok telah sepakat untuk melaksanakan dan mengamankan semua kegiatan Haul Sunan Pojok yang telah menjadi agenda tahunan ini,” ungkapnya.

Pihaknya juga menyediakan space untuk PKL dalam berjualan barang-barang dan pernak-pernik yang bisa dijadikan oleh-oleh para peziarah. “Kami sediakan lokasi di Jl.Alun-alun Selatan - Jl.MR.Iskandar - hingga depan gang Makam Sunan Pojok untuk PKL berjualan. Sehingga nanti selama acara berlangsung jalan tersebut akan ditutup dari arus lalu-lintas,” pungkasnya. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved