Blora on News :
Home » , » Hari Wayang Dunia, Pepadi Blora Akan Gelar Wayangan 15 Dalang dan 60 Sinden

Hari Wayang Dunia, Pepadi Blora Akan Gelar Wayangan 15 Dalang dan 60 Sinden

infoblora.com on Nov 3, 2015 | 1:30 PM

Peringati Hari Wayang Dunia, PEPADI Kabupaten Blora akan gelar pentas wayang spektakuler 15 dalang sekaligus 60 sinden. Akan disediakan layar panjang sekitar 20 meter untuk tampilnya dalang. (foto: rs-ib)
BLORA. Hari Wayang Dunia yang diperingati setiap 7 November setiap tahunnya sejak ditetapkannya wayang sebagai warisan budaya dunia oleh Unesco pada 7 November 2003 lalu, kini akan diperingati dengan spektakuler dan meriah oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Blora.

Tidak tanggung-tanggung, semua potensi pewayangan yang ada di Kabupaten Blora akan dikerahkan untuk mendukung kemeriahkan peringatan Hari Wayang Dunia 2015 ke 12 tahun ini. Setidaknya ada 15 dalang dan 60 sinden yang akan pentas dalam layar panjang layaknya pemecahan rekor MURI.

Puncak perayaannya akan digelar pada Minggu malam Senin (8/11) mendatang di panggung terbuka Blok T (eks Terminal Lama) Kota Blora. PEPADI akan membuat layar panjang untuk menampilkan 15 dalang tersebut dengan teknis main bergantian. Sedangkan lakon yang akan dimainkan adalah Wahyu Cakraningrat.

Ketua PEPADI Kabupaten Blora, H Sukarno menjelaskan bahwa tahun ini akan membuat peringatan Hari Wayang Dunia yang meriah di Blora. “Potensi seniman pewayangan di Blora cukup banyak, bahkan di setiap kecamatan memiliki dalang dan sinden-sinden lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan seniman luar,” kata H Sukarno, Selasa (3/11).

Bermodal itu, menurutnya PEPADI ingin menunjukkan potensi pewayangan Blora di depan masyarakat umum. Dengan moment Hari Wayang Dunia, pihaknya ingin mengenalkan dan memberikan suguhan hiburan tradisional yang spektakuler bahwa Blora juga sebagai pusat pelestarian seni budaya wayang kulit.

Sementara itu, Nuryanto seorang dalang dari Desa Purwosari Kecamatan Blora Kota yang juga anggota PEPADI mengemukakan dalam pelaksanaan pentas wayang kulit spektakuler nanti setiap kecamatan dianjurkan untuk mengirimkan 1 dalang untuk ikut serta tampil di Blok T besok Minggu malam (8/11).

Adapun Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kabupaten Blora, Slamet Pamudji, melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Suntoyo menyatakan dukungannya terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan PEPADI.


“Ini kegiatan yang bagus untuk nguri-nguri atau melestarikan potensi seni budaya khususnya wayang kulit di Kabupaten Blora. Kami mengapresiasi dan siap mendukung untuk turut serta menyukseskan acaranya nanti,” kata Suntoyo. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved