Blora on News :
Home » , » Gumregah, Semangat Tradisi Suronan Sedulur Kakadangan Waringin Seta Blora

Gumregah, Semangat Tradisi Suronan Sedulur Kakadangan Waringin Seta Blora

infoblora.com on Nov 2, 2015 | 7:00 AM

Ratusan warga Penghayat Kepercayaan Kakadangan Waringin Seta mengikuti acara Suronan
di Padepokan Sayuran. (foto: rs-ib)
BLORA. Perayaan Tahun Baru Jawa yang ditandai dengan datangnya bulan Suro juga dilakukan oleh komunitas penghayat kepercayaan Waringin Seta tingkat nasional yang berpusat di Kabupaten Blora. Sederetan upacara tradisional digelar guna melestarikan adat leluhur yang mereka pegang teguh hingga saat ini.

Dengan mengambil topik “Gumregah Membangun Jati Diri dan Toleransi Antar Umat Beragama” dalam perayaan Suronan tahun ini, komunitas penghayat kepercayaan Waringin Seta mengajak seluruh anggota dan masyarakat umum untuk terus menauladani ajaran kebudayaan leluhur khususnya budaya jawa dengan tidak membedakan agama yang dianut.

Bertempat di kawasan Padepokan Waringin Seta yang berada di Bukit Sayuran Desa Soko Kecamatan Jepon, Sabtu (31/10) lalu ada ratusan anggota dari berbagai daerah se Indonesia serta masyarakat sekitar yang ikut meramaikan tradisi Suronan dari siang hingga tengah malam.

Sejumlah sesaji dihadirkan dalam acara Suronan Waringin Seta
(foto: tq-ib)
Acara yang diawali dengan pementasan seni barongan dari desa setempat dan barongsai dari Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hok Tik Bio Blora pada siang harinya itu berhasil menyedot animo masyarakat untuk datang ke lokadi padepokan yang berada di atas Pemandian Sayuran.

Pada malam harinya pukul 19.00 WIB, para anggota penghayat kepercayaan Waringin Seta dengan menggunakan pakaian adat jawa melakukan sederetan upacara tradisional spiritual di dalam pedepokan yang dilanjutkan dengan kirab sesaji dan gunungan. Kirab diiringi dengan pasukan obor dan petugas pembawa payung bewarna kuning keemasan.

Usai kirab dari Padepokan Waringin Seta, semua sesaji dan gunungan yang berisi makanan, buah-buahan dan jajanan tradisional itu diperebutkan oleh masyarakat. Semua berbaur untuk mengalap berkah dari gunungan yang telah didoakan para penuntun Kakadangan Waringin Seta.

Ardiyanto, Kepala Himpunan Penghayat Kepercayaan (HPK) Kabupaten Blora saat memberikan sambutan di acara tradisi Suronan itu mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang diselenggarakan Kakadangan Waringin Seta.

“Hingga saat ini masih ada 27 kelompok komunitas penghayat kepercayaan di Kabupaten Blora. Namun yang masih aktif dan terdaftar hanya ada 19 kelompok. Dari 19 itu, 5 diantaranya berpusat di Blora yang salah satunya Kakadangan Waringin Seta ini,” jelas Ardiyanto, Sabtu malam (31/10).

“Perayaan Suronan ini merupakan warisan ajaran leluhur kita di tanah jawa. Semoga apa yang dilakukan sedulur Waringin Seta ini bisa menjadi tauladan pelestarian ajaran kebudayaan leluhur bagi kelompok penghayat kepercayaan lainnya, rahayu,” tegasnya.

Acara Suronan diakhiri dengan pementasan wayang kulit Ki Dalang Nuryanto dengan lakon Semar Mbangun Rasa
Mbeber Jati Dhiri. (foto: rs-ib)
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Slamet Pamudji yang diwakili oleh Kepala Bidang Kebudayaan Suntoyo menyampaikan dukungannya terhadap penyelenggaraan Suronan yang rutin digelar oleh Kakadangan Waringin Seta.

“Nguri-uri kebudayaan spiritual leluhur nusantara seperti halnya Suronan merupakan kewajiban kita bersama sebagai orang jawa. Disini tidak membatasi perbedaan agama dalam menjalankan budaya spiritual, semua bisa bergabung. Sejak didirikan pada tahun 1818, hingga kini masih berjalan dan terus menjalankan budaya leluhur, inilah yang perlu dicontoh dan disengkuyung sesarengan,” jelas Suntoyo.

Tradisi Suronan diakhiri dengan Pementasan Wayang Kulit Semalam Suntuk dengan menampilkan Ki Dalang Nuryanto yang membawakan lakon “Semar Mbangun Rasa Mbabar Jati Dhiri”. Pementasan didukung oleh pengrawit karawitan Among Raos dari Blora dan sanggar seni Cahyo Sumirat dari Dukuh Pangkat Desa Purwosari Blora. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved