Blora on News :
Home » , » Dikejar Hujan, Proyek Pengerukan dan Perluasan Embung Karangjati Dikebut

Dikejar Hujan, Proyek Pengerukan dan Perluasan Embung Karangjati Dikebut

infoblora.com on Nov 14, 2015 | 4:00 PM

Dua alat berat terus mengeruk lahan perluasan embung di Kelurahan Karangjati Blora, Sabtu sore (14/11). (foto: tio-ib)
BLORA. Beberapa kali hujan deras sudah mengguyur wilayah Blora sebagai pertanda musim kemarau akan segera berakhir. Namun proyek pembangunan infrastruktur yang berkaitan dengan sarana pengairan seperti halnya pembangunan embung tampaknya masih belum selesai, bahkan ada yang baru dimulai pengerjaannya.

Seperti perluasan dan pengerukan Embung Rawa Karangjati Blora yang hingga saat ini masih dikerjakan sampai tahap pengerukan tanah. Layaknya dikejar hujan, pelaksana proyek terus “ngebut” mengerjakan pengerukan dengan melibatkan dua alat berat pengeruk tanah dan puluhan truk pengangkut tanah galian.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh, proyek yang berada di bawah kendali Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Blora ini ternyata baru mulai dikerjakan 4 November lalu, sehingga bisa dikatakan baru berjalan selama 10 hari.

Papan data proyek yang dipasang di salah satu pohon tepi embung. (foto: tio-ib)
Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPU Kabupaten Blora, Bondan Soekarno mengemukakan bahwa proyek perluasan dan pengerukan Embung Rawa Karangjati merupakan program pembangunan sarana pengairan yang didanai dari APBD Provinsi Jawa Tengah 2015.

“Proyek di Kelurahan Karangjati ini dibiayai dari dana Banprov Perubahan APBD Jateng 2015 dengan total anggaran sebesar Rp 447 juta. Dana sebesar itu untuk pengerukan dan perluasan embung sepanjang 130 meter dengan lebar 109,5 meter. Dengan demikian kapasitas tampungan air nantinya akan lebih banyak untuk irigasi pertanian,” jelasnya, Sabtu (14/11).

Proyek yang dikerjakan oleh CV.Mekar Sari Perdana mulai 4 November ini ditarget selesai pada 20 Desember mendatang. Namun pelaksana tetap mengusahakan agar secepatnya proyek bisa selesai agar tidak terganggu hujan mengingat musim hujan sudah dekat.

Hingga sore ini puluhan truk silih berganti mengngkut tanah bekas galian untuk dibawa ke beberapa lokasi urugan. Dua buah alat berat “backhoe” yang tampak sibuk mengisi bak-bak truk bergantian menjadi tontonan warga sekitar sembari melepas penat, ngopi sore hari di beberapa warung tepi sawah. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved