Blora on News :
Home » , , » Didukung Gubernur, Pembangunan Pasar Blora Dilakukan 2016 Dengan Dana Rp 35 M

Didukung Gubernur, Pembangunan Pasar Blora Dilakukan 2016 Dengan Dana Rp 35 M

infoblora.com on Nov 7, 2015 | 5:00 AM

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat blusukan meninjau kondisi Pasar Blora, Kamis (5/11) lalu.
Ia menyatakan dukungannya agar pasar ini segera dibangun oleh Pemkab. (foto: tio-ib)
BLORA. Pasca ditinjau Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Kamis (5/11) lalu, rencana pembangunan Pasar Induk Blora semakin matang. Pasar yang dibangun tahun 1974 tersebut akan direhab total dengan anggaran dana mencapai Rp 35 miliar lebih. Penjabat (Pj) Bupati Blora Ihwan Sudrajat memastikan bahwa pembangunan pasar akan dilakukan tahun 2016 mendatang.

“Alhamdulillah setelah saya ajak meninjau pasar Kamis lalu, Gubernur setuju dan mendukung pembangunan pasar Blora. Pemprov juga bersedia membantu anggaran dana untuk pembangunannya selain dari APBD Kabupaten dan bantuan pusat,” kata Ihwan Sudrajat, Jumat (6/11) kemarin.

Anggaran sebesar itu memang tidak mungkin jika hanya ditanggung APBD Kabupaten sehingga Pj.Bupati meminta bantuan anggaran dari provinsi dan pemerintah pusat. Pemkab telah menganggarkan Rp 10 miliar di RAPBD 2016, sedangkan sisanya akan ditutup dari bantuan pemprov dan pusat.

Menurutnya, setelah dikunjungai Pak Gubernur Kamis sore lalu, malam harinya ia langsung mematangkan detail rencana pembangunan pasar bersama Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) UMKM Kabupaten Blora.

“Rencana sudah dimatangkan bersama Pak Maskur Kepala Disperindagkop UMKM agar bisa mengajukan proposal bantuan dana ke pemprov sebagai tindak lanjut kesanggupan Gubernur untuk membantu anggaran pembangunan pasar melalui dana banprov 2016,” lanjutnya.

Pj Bupati Ihwan Sudrajat menegaskan bahwa nantinya pembangunan pasar akan dilakukan sendiri oleh Pemkab Blora melaui Unit Layanan Pengadaan (ULP).

“Jangan sampai pembangunan pasar diserahkan kepada pihak swasta. Jika dibangun swasta maka orientasi mereka adalah keuntungan sebesar-besarnya agar bisa segera balik modal. Bisa-bisa harga sewa lapak pedagang dijual mahal sehingga pedagang kecil tidak mampu menyewanya,” tegas Pj.Bupati yang juga mantan Kepala Disperindag Jateng ini.

Pemkab akan tetap mengutamakan para pedagang lama untuk menempati bangunan baru nanti. Pihaknya sesegera mungkin akan menggelar pertemuan dengan para pedagang pasar dan beberapa pihak terkait guna mensosialisasikan rencana pembangunan pasar ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kedepan Pasar Blora akan dibangun dan ditata menjadi pasar modern yang bersih dan nyaman. Bangunan akan terdiri dari 3 lantai dimana lantai bawah khusus untuk lahan parkir dan bongkar muat barang sehingga jalanan sekitar pasar akan bebas macet.

Sementara itu lantai 2 dan lantai 3 untuk berbagai zona dagangan, ada zona sayuran basah, zona bumbu kering, zona pakaian, zona peralatan rumah tangga dan sebagainya. Bahkan untuk mempermudah akses, Pj.Bupati mengatakan nantinya akan dilengkapi dengan eskalator sehingga pedagang dan pembeli tidak capek naik turun tangga. (tio-infoblora)
Share this article :

1 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved