Blora on News :
Home » , » Antisipasi Bahaya Angin Kencang, Puluhan Glodok Pecut di Alun-alun Blora Dipangkas

Antisipasi Bahaya Angin Kencang, Puluhan Glodok Pecut di Alun-alun Blora Dipangkas

infoblora.com on Nov 26, 2015 | 5:00 PM

Petugas pertamanan DPU Blora tampak sibuk memangkas ketinggian pohon glodok pecut yang ada di Alun-alun Blora. (foto: rs-ib)
BLORA. Beberapa hari terakhir, para petugas kebersihan dan pertamanan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Blora disibukkan dengan kegiatan pemotongan pohon Glodok Pecut yang sudah menjulang tinggi di sekeliling Alun-alun Kota Barongan ini.

Seperti yang terpantau pada Kamis (26/11) siang tadi, para petugas berusaha naik ke pucuk pohon untuk memotong bagian atas. Sementara yang lainnya berusaha menarik potongan pohon untuk diarahkan ke tempat yang aman agar tidak menimpa pengguna jalan.

“Puluhan pohon peneduh bernama Glodok Pecut ini memang sudah saatnya untuk dipangkas. Kami mengantisipasi agar jika terjadi angin kencang tidak akan ada pohon yang tumbang. Biasanya pohon yang terlalu tinggi sangat beresiko untuk tumbang karena tidak kuat menahan angin,” kata Langgeng Warsito, Kasi Pertamanan.

Ia menjelaskan bahwa Alun-alun merupakan tempat paling favorit bagi warga Blora untuk berkumpul, nongkrong dan beraktifitas. Maka semaksimal mungkin pihaknya menciptakan suasana nyaman dan terhindar dari potensi bahaya, salah satunya dengan cara memotong pohon Glodok Pecut yang sudah terlalu tinggi.

“Rata-rata pohon Glodok Pecut sudah setinggi 10 meter, bahkan beberapa ada yang lebih tinggi lagi sehingga jika terkena angin sangat menakutkan. Kami potong dengan hanya menyisakan ketinggian 4 meter sampai 5 meter,” lanjutnya.

Sekedar diketahui, Blora merupakan salah satu wilayah di Jawa Tengah yang rawan bencana angin kencang atau angin puting beliung. Seperti pada hari Minggu (8/11) lalu angin puting beliung telah merobohkan puluhan pohon dan beberapa rumah yang ada di Blora. Agar kejadian tersebut tidak terulang dengan kerugian yang besar, maka petugas pertamanan melakukan pemangkasan pohon di sekeliling Alun-alun. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved