Blora on News :
Home » , » Tingkatkan Kemampuan Mengajar, 410 Guru SD se Blora Ikuti Pelatihan PAKEM

Tingkatkan Kemampuan Mengajar, 410 Guru SD se Blora Ikuti Pelatihan PAKEM

infoblora.com on Oct 22, 2015 | 1:30 AM

Guru-guru SD sebanyak 410 orang mengikuti pelatihan metode PAKEM yang diselenggarakan oleh
Dindikpora Kabupaten Blora bersama USAID PRIORITAS. (tg-ib)
BLORA. Untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru-guru SD se Kabupaten Blora, Pemkab Blora melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) kerjasama dengan USAID PRIORITAS mengadakan pelatihan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAKEM) yang dimulai sejak Rabu (21/10) kemarin hingga 4 hari kedepan.

Koordinator USAID  PRIORITAS wilayah Kabupaten Blora dan Grobogan, Mulyono dalam acara tersebut mengungkapkan, kerjasama peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan PAKEM sudah berlangsung sejak beberapa tahun dengan Sub Bagian Program Dindidikpora Blora.

Menurut Mulyono, dari pelatihan ini diharapkan guru-guru SD tersebut bisa melaksanakan pengelolaan pembelajaran yang lebih efektif, peka terhadap gender dan perbedaan individu.

“Dengan metode PAKEM, kemampuan literasi siswa lebih berkembang, penilaian proses dan hasil belajar siswa yang lebih akurat melalui penilaian autentik. Kemudian, budaya baca tumbuh dan berkembang,” jelas Mulyono.

Agar metode PAKEM ini bisa dilaksanakan dengan baik perlu dukungan anggaran sekolah terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, selain itu juga peningkatan kualitas kepemimpinan kepala sekolah, terutama dalam menyinergikan berbagai sumber daya dan dana untuk pengembangan sekolah.

“Intinya anak tidak hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga ketrampilan dan sikap sosial yang baik,” tandas Mulyono, Rabu (21/10).

Bertempat di Gedung SMPN 6 Blora dan SMP Kristen Blora, pelatihan metode PAKEM diikuti 410 guru SD se Kabupaten Blora. Tahun 2015 ini merupakan angkatan ke 6 yang dilangsungkan selama 4 hari. Tiga hari materi, sedangkan yang satu hari praktek langsung di sekolah.

Sementara itu penyaji materi pelatihan PAKEM adalah Pengawas TK/SD, Kepala Sekolah dan Guru di Blora yang sudah ditunjuk Dindikpora  untuk mengikuti pembekalan/pelatihan bekerja sama dengan USAID PRIORITAS.

“Materi yang disampaikan sebagaimana yang kami terima sewaktu mengikuti pelatihan,“ ujar Eny Sulistiyowati Kusnanto, salah seorang pemateri Pelatihan PAKEM. (Tg/Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved