Home » , , » Sumur Minyak Tua di Bukit Kedinding Kec.Kedungtuban Terbakar Hebat

Sumur Minyak Tua di Bukit Kedinding Kec.Kedungtuban Terbakar Hebat

infoblora.com on Oct 24, 2015 | 3:00 AM

Sumur minyak tua di Kedinding Kedungtuban terbakar dengan semburan api mencapai 10 meter semalam. (am-sm) 
BLORA. Sumur minyak tua di perbukitan Kedingding di Desa Ngraho, Kecamatan Kedungtuban, Blora, tepatnya sumur Kedinding 10 sejak kemarin sore hingga semalam terbakar hebat. Hingga saat ini belum diketahui dengan pasti penyebab kebakaran itu. Petugas masih melakukan penyelidikan timbulnya api besar di sumur minyak peninggalan Belanda tersebut.

Apalagi sumur 10 atau disebut sumur P-1 milik Pertamina tersebut sejak puluhan tahun tidak beroperasi. Semburan api mulai nampak mulai pukul 16.30  Jumat (23/10). Hingga Jumat malam semburan api setinggi sekitar 10 meter itu belum bisa padam.

Sumur P-1 itu berada di perbukitan dan jauh dari pemukiman warga. Mobil pemadam kebakaran dari Pertamina EP Asset 4 Cepu dan BPBD Blora sudah berada di lokasi namun belum bisa menjinakkan api. 

Berdasarkan keterangan salah satu petugas di lapangan, api sulit dipadamkan menggunakan air karena bersumber dari minyak. Pemadaman hanya efektif menggunakan foam atau busa yang disemprotkan oleh mobil damkar milik Pertamina. Sedangkan damkar dari BPBD Blora tidak bisa maksimal memadamkan api karena menggunakan air.

‘’Dulu pada akhir bulan Juli 2011, sumur tak bertuan itu juga bermasalah, tapi bukan terbakar, melainkan mengalami flowing atau semburan gas bercampur air dan lumpur. Sekitar dua hari kemudian, flowing itu berhenti sendiri,’’ ujar Muktar, salah seorang warga Kedungtuban.

Selain sumur  P-1, di kawasan perbukitan di Kedinding terdapat sejumlah sumur tua yang dikelola BUMD PT Blora Patra Energi (BPE), meski lokasinya berjauhan. Direktur BUMD PT BPE Christian Prasetya menegaskan, sumur yang terbakar itu bukan sumur tua kelolaan PT BPE.


Kepala Satpol PP Kecamatan Kedungtuban, Tulus Sunarko kepada wartawan mengemukakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, karena lokasinya berada jauh dari pemukiman warga. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved