Blora on News :
Home » , , » Sidak ke Cabean Cepu, Bupati Janji Utamakan Infrastruktur Daerah Lumbung Pangan

Sidak ke Cabean Cepu, Bupati Janji Utamakan Infrastruktur Daerah Lumbung Pangan

infoblora.com on Oct 3, 2015 | 2:00 PM

Pj.Bupati Blora Ihwan Sudrajat (3 dari kiri) mengecek keadaan jalan di Desa Cabean Kecamatan Cepu. (am-sm)
BLORA. Pemkab menjanjikan pembenahan infrastruktur jalan dan jembatan serta sarana lainnya di desa-desa yang menjadi lumbung pangan di Blora. Hal itu dilakukan agar hasil panen semakin melimpah, distribusi hasil pertanian menjadi lancar dan kesejahteraan petani pun meningkat.

Komitmen tersebut dikemukakan Penjabat (Pj) Bupati Ihwan Sudrajat saat berkunjung ke Desa Cabean. Kunjungan yang didampingi Pelaksana (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bondan Sukarno itu untuk memenuhi janji bupati yang pernah diucapkan di hadapan sejumlah warga Cabean yang menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Pemkab Blora beberapa waktu lalu.

Dalam aksinya tersebut, warga meminta bupati datang ke Desa Cabean guna melihat sendiri proyek jalan senilai Rp 1,14 miliar yang menghubungkan Desa Cabean dengan Desa Sugihwaras. Kedatangan bupati di Desa Cabean itupun dimanfaatkan warga untuk menyampaikan keluh kesahnya.

‘’Desa kami merupakan desa yang selama ini menjadi lumbung padi di Blora. Meski musim kemarau, para petani masih bisa bercocok tanam dan panen padi,’’ ujar Muharyanto, salah seorang perangkat Desa Cabean.

Menurutnya, dalam satu tahun para petani bisa panen tiga kali. Selain tanaman padi, para petani juga membudidayakan tanaman lainnya seperti kacang tanah dan kacang hijau. Hanya saja, melimpahnya hasil panen itu belum diimbangi dengan infrastruktur jalan dan jembatan serta saranan lainya yang memadai. Akses jalan masuk menuju desa masih belum layak.

‘’Di sini jalannya masih jelek dan memprihatinkan. Padahal, dalam sehari bisa mencapai delapan truk mengangkut gabah saat masa panen tiba. Kami minta pemkab memberikan perhatian dengan membangun jalan yang lebih memadai untuk lalulintas pengangkut hasil panen,’’ katanya.

Kepala Desa Cabean Samsul Hadi menambahkan, tidak hanya jalan saja yang harus diperhatikan tapi juga jembatan. Sedangkan untuk jalan utama desa sepanjang sekitar empat kilometer sebagian diantaranya saat ini dalam masa pembangunan.

Selain soal infrastruktur jalan dan jembatan, warga juga menginginkan dibangunnya embung dan jaringan listrik lebih besar. Warga selama ini menggunakan mesin diesel menyedot air dari sungai untuk irigasi pertanian.

Pengoperasian mesin itu membutuhkan bahan bakar solar. Warga menilai jika menggunakan listrik, biaya yang dikeluarkan akan lebih rendah dibanding memakai solar.

Menyikapi keinginan warga tersebut, Pj Bupati Blora Ihwan Sudarajat meminta pihak pemerintah desa segera mengajukan permohonan secara tertulis, baik untuk pembangunan jalan, jembatan, embung dan jaringan listrik yang lebih besar. Bupati mengapresiasi keinginan warga tersebut. Apalagi dia mengaku telah melihat sendiri potensi pertanian yang ada di Desa Cabean.

‘’Wilayah desa ini bisa dikata wilayah emas dengan potensi yang ada. Jadi segera kami perhatikan dan sekaligus akan kami beri bantuan modal yang nantinya akan dikelola desa. Pemkab juga akan menjembatani keinginan warga agar PLN membangun jaringan listrik yang lebih memadai di Cabean,’’ kata bupati. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved