Blora on News :
Home » , , » Sepasang Fosil Gading Gajah Purba Kembali Ditemukan di Desa Medalem Kradenan

Sepasang Fosil Gading Gajah Purba Kembali Ditemukan di Desa Medalem Kradenan

infoblora.com on Oct 17, 2015 | 3:30 AM

Beberapa petugas berusaha membersihkan fosil gading gajah purba yang ditemukan di DAS Bengawan Solo
Dukuh Sunggun Desa Medalem Kec.Kradenan Blora. (am-sm)
BLORA. Desa Medalem, Kecamatan Kradenan, Blora, benar-benar memiliki potensi kepurbakalaan yang tinggi. Setelah pada bulan Mei 2009 ditemukan Fosil Gajah Purba Elephas Hysudrindicus yang dinilai spektakuler karena ditemukan lengkap dan utuh, kini penemuan serupa kembali terjadi di Desa Medalem tepatnya Dukuh Sunggun.

Hanya saja dalam penemuan kali ini belum diketahui fosil gajah tersebut jenis gajah apa. Yang ditemukan pun baru sepasang gading yang besarnya tidak kalah dengan gading Gajah Purba Elephas Hysudrindicus yang dikenal sebagai Gajah Purba Blora.

Sepasang gading gajah itu kali pertama ditemukan oleh Panidi (40) dan Suwito (42) di sekitar daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo di Dukuh Sunggun, Desa Medalem. Kedua warga Medalem itu menemukan gading saat menggali pasir di kedalaman dua meter. 

Mereka kemudian melaporkannya ke Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora. ‘’Mendapat laporan itu, kami selanjutnya datang ke lokasi dan melakukan pengamanan agar fosil tidak rusak,’’ ujar Kepala DPPKKI Slamet Pamuji melalui Kasi Sejarah dan Purbakala Setyo ’Gembong’ Pujiono, Jumat (16/10).

Sebelum diangkat, fosil terlebih dahulu dibersihkan dengan hati-hati. Kemudian setelah itu dibalut dengan gips agar tidak rusak. Fosil tersebut kemudian dibawa dan disimpan pada DPPKKI, untuk selanjutnya akan dilakukan penelitian lanjutan tentang asal-usul gading gajah tersebut.

‘’Setelah dilakukan penyelamatan, kemudian kami laporkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta agar dilakukan penelitian lebih mendalam,’’ ujar Kepala Bidang Kebudayaan, Suntoyo. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved