Blora on News :
Home » , , » Raih Simpatik Warga, Cabup-Cawabup Hadiri Tradisi Suran Sedulur Sikep Samin Blora

Raih Simpatik Warga, Cabup-Cawabup Hadiri Tradisi Suran Sedulur Sikep Samin Blora

infoblora.com on Oct 30, 2015 | 1:00 PM

Calon Bupati Maulana Kusnanto (berpeci) menyalami sedulur sikep Samin Karangpace Klopoduwur saat
tradisi suronan semalam. (foto-rs)
BLORA. Ada yang beda saat berlangsung tradisi Suran sedulur sikep Samin di Pendopo Kampung Samin Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo semalam. Kehadiran calon bupati nomor urut 3 Maulana Kusnanto yang diusung Golkar-Demokrat dan calon wakil bupati nomor urut 2 Arief Rohman yang diusung PKB, Nasdem, Hanura membuat acara sarat tradisi tersebut sedikit berbau politik.

Beberapa warga yang hadir dalam acara perayaan datangnya bulan Suro oleh masyarakat sedulur sikep Samin tersebut beranggapan ada niatan menunggangi acara budaya dengan kegiatan kampanye agar masyarakat bersimpatik kepada para calon yang akan bertarung di Pilkada 9 Desember mendatang itu.

“Ada Pak Kusnanto dan Pak Arief Rohman yang hadir di tengah tengah acara tradisi Suran. Sepertinya dua tokoh ini hadir untuk memikat para sedulur sikep agar ikut mendukung pencalonan mereka di pilkada nanti. Jangan sampai acara ini ditunggangi dengan kepentingan politik praktis jelang pilkada,” kata seorang warga Klopoduwur yang enggan disebutkan namanya, Kamis (29/10) semalam.

Sementara itu Maulana Kusnanto saat dimintai keterangan tentang tujuan kedatangannya di acara Suran tersebut, menjelaskan bahwa dirinya tidak ada maksud memanfaatkan acara tradisi budaya itu untuk berkampanye.

“Saya disini sudah seperti di rumah sendiri, karena sedulur sikep di Karangpace ini beserta Mbah Lasiyo dengan saya juga sudah akrab sejak lama. Hanya ikut memeriahkan acara saja, sebagai bentuk penghormatan kepada sedulur sikep yang sedang punya gawe,” jelas Kusnanto.

Begitu juga dengan Arief Rohman, saat dimintai keterangan, dirinya mengelak jika kedatangannya dihubungkan dengan kegiatan kampanye. Dia mengaku hanya ingin bersilahturahmi dengan sedulur sikep Samin di Klopoduwur.

“Saya hadir disini untuk mengenali tradisi kebudayaan yang ada di masyarakat sedulur sikep Samin Klopoduwur dan bersilahturahmi. Sekalian tadi mengantar rombongan Gus Luki Ketua Pagarnusa Jateng dari Semarang yang juga hadir di acara suronan ini. Jangan dikaitkan dengan kampanye, nanti ada panwas yang menegur lho,” kata Arief Rohman sambil tersenyum.

Memang malam itu dijumpai beberapa anggota Panwascam Banjarejo yang turut hadir di acara Suronan. Mereka tidak mau kecolongan karena khawatir acara tradisi budaya sedulur sikep dimanfaatkan sebagai media kampanye politik jelang pilkada.

Hingga acara usai, tidak ada sambutan atau orasi yang dilakukan para calon bupati dan calon wakil bupati itu yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkada. Mereka berbaur dengan warga untuk menyaksikan dan menikmati acara suronan yang dihibur pentas pertunjukan wayang krucil oleh Ki Dalang Gatot Santoso lakon Babat Blora. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved