Blora on News :
Home » , » Permudah Akses Informasi Data Pilkada, KPU Blora Luncurkan Program SITaP

Permudah Akses Informasi Data Pilkada, KPU Blora Luncurkan Program SITaP

infoblora.com on Oct 14, 2015 | 2:00 AM

Tampilan website KPU Kabupaten Blora yang menampilkan menu SITap (sistem informasi tahapan pilkada). (rs-ib)
BLORA. Dalam rangka memfasilitasi informasi penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blora 2015, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora meluncurkan SITaP (Sistem Informasi Tahapan Pilkada).

SITaP merupakan layanan informasi kepada publik berbasis dunia maya guna memudahkan publik mengakses informasi seputar Pilkada Blora 2015. SITaP sendiri menginduk pada website KPU Blora yang sudah ada dengan dibuatkan kanal khusus.

Anggota KPU Blora Divisi Sosialisasi, Moesafa, menjelaskan bahwa SITaP ini akan melengkapi website KPU Blora yang telah ada sebelumnya. “Jika dalam website lebih menonjolkan sisi pemberitaan, maka SITaP akan menyajikan berbagai data pilkada yang mungkin sangat dibutuhkan oleh publik mulai dari data kewilayahan, penyelenggara pemilu, TPS dan jumlah pemilih, hingga hasil pemilu sementara dari tiap TPS”, ulasnya.

Secara lengkap SITaP ini menyajikan berbagai informasi terkait data wilayah dan penduduk, Badan Penyelenggara, Pencalonan dan Paslon, Tim-Dana-Agenda Kampanye, Anggaran Pilkada, Hasil Sementara Pilkada, dan Sengketa Pilkada.

Informasi-informasi tersebut termuat dalam dashboard yang dibuat dalam bentuk menu informasi, sehingga bagi  yang membutuhkannya akan sangat mudah karena tinggal “klik” menu tersebut dan informasi yang dibutuhkan akan tampil.

Dari berbagai menu informasi yang ada, ada dua menu yang belum terisi karena belum masuk pada tahapannya yaitu menu Hasil Pemilihan dan Informasi Sengketa Pilkada. 

“Menu Hasil Pilkada akan kita gunakan untuk menayangkan scan formulir hasil penghitungan suara dari setiap TPS, sehinggga baru bisa terisi beberapa jam setelah penghitungan suara di TPS selesai”, papar Moesafa.

Sedangkan menu Informasi Sengketa Pilkada belum terisi karena memang hingga saat ini tidak ada sengketa pilkada yang terjadi di Kabupaten Blora.

Adapun untuk mengakses SITaP ini bisa melalui website KPU Blora di www.kpud-blorakab.go.id atau mengakses secara langsung ke alamat SITaP KPU Blora di www.pilkada.kpud-blorakab.go.id

Jika mengakses melalui website KPU Blora, pengguna dapat memilih banner di pojok kanan atas yang bertuliskan “Info Pilkada Kabupaten Blora Tahun 2015” atau “Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015”. Dari situ, pengguna akan dibawa ke alamat SITaP KPU Blora dan tinggal memilih informasi yang dikehendaki. (tio-infoblora | kpuk-blora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved