Blora on News :
Home » , » Peringati 1 Suro, Warga Mlangsen Blora Akan Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk

Peringati 1 Suro, Warga Mlangsen Blora Akan Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk

infoblora.com on Oct 12, 2015 | 10:00 AM

Ki Dalang Mudho Sutarno saat mementaskan wayang kulit di Pendopo Kabupaten Blora belum lama ini.
Rabu depan ia akan kembali tampil di Kelurahan Mlangsen. (rs-ib)
BLORA. Tahun baru Islam 1 Muharram atau yang dikenal masyarakat jawa sebagai penanggalan 1 Suro tidak lama lagi akan datang. Untuk memeriahkan peringatan tersebut, sesuai tradisi yang telah berjalan puluhan tahun di Kelurahan Mlangsen Kecamatan Blora Kota akan digelar Pentas Wayang Kulit semalam suntuk.

Soebekti, selaku Ketua Panitia Peringatan 1 Suro 1949 dan 1 Muharram 1437 H Kelurahan Mlangsen menjelaskan bahwa diwilayahnya sudah menjadi tradisi menggelar pentas wayang kulit saat 1 Suro. “Kebetulan 1 Suro nanti jatuh pada Rabu 14 Oktober 2015 besok lusa. Kami sudah menyiapkan sederetan acara untuk memeriahkan tahun baru islam sekaligus tahun baru jawa ini dengan cara puncak pagelaran wayang kulit,” jelasnya.

Menurutnya sebelum acara puncak pagelaran wayang kulit digelar, akan ada kirab pusaka yang diikuti Lurah, perangkat desa, dan masyarakat keliling wilayah Mlangsen tengah malam. Kirab akan digelar malam Rabu dengan mengambil start di Kantor Kelurahan.

“Kirab adalah sebagai wujud instropeksi diri masyarakat Mlangsen dengan berkeliling wilayah tengah malam sambil merenungi kelebihan dan kekurangan setahun lalu agar kedepan bisa lebih baik dan wilayah Mlangsen lebih maju,” lanjutnya.

Pada Rabu (14/10) siang hari akan digelar arak-arakan seni barongan Singo Lodro mulai dari wilayah RW 03 Kaliwangan menuju RW 01 dan berakhir di lokasi pementasan wayang kulit Jl.Kenanga Koplakan. “Sembari menyiapkan panggung pementasan wayang kulit, masyarakat akan dihibur pentas barongan siang hingga sore hari,” ungkap Soebekti.

Sedangkan acara pentas wayang kulit semalam suntuk digelar Rabu malam (14/10) mulai pukul 20.00 WIB di Jl.Kenanga Koplakan - Pasar Pitik Mlangsen dengan menampilkan dalang kondang Ki Mudho Sutarno dari Desa Menden Kecamatan Kradenan Blora. Lakon yang akan dibawakan adalah Kresno Gugah.

“Rencananya pentas wayang kulit juga akan dihadiri Pak Bupati serta beberapa pejabat lainnya. Monggo masyarakat umum untuk turut serta menyaksikan secara gratis, kami juga sediakan beberapa doorprize bagi penonton yang beruntung,” pungkasnya. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved