Blora on News :
Home » , » Penelitian Pencemaran Waduk Bentolo Oleh PSLH UGM Akan Selesai Desember

Penelitian Pencemaran Waduk Bentolo Oleh PSLH UGM Akan Selesai Desember

infoblora.com on Oct 21, 2015 | 3:00 AM

Kondisi air Waduk Bentolo yang diduga tercemar saat ini sedang diteliti tim PSLH UGM. (dok-ib)
BLORA. Pencemaran air Waduk Bentolo di Desa Tinapan Kecamatan Todanan saat ini sedang ditangani Pemkab Blora dengan menggandeng Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) UGM Yogyakarta. PSLH sebagai pihak ketiga akan meneliti penyebab pencemaran yang sudah berlangsung beberapa bulan terakhir itu.

Pemkab Blora melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) meminta agar masyarakat Blora lebih bersabar untuk menunggu kepastian penyebab tercemarnya air Waduk Bentolo yang sebelumnya banyak digunakan untuk pengairan sawah dan sumber air PDAM wilayah setempat.

Kepala BLH Blora Wahyu Agustini menuturkan, tim PSLH UGM terdiri dari sejumlah pakar yang ahli di bidangnya masing-masing. Tak hanya persoalan pencemaran Waduk Bentolo, tim PSLH UGM itu juga telah melakukan penelitian di sejumlah persoalan dugaan pencemaran yang terjadi di daerah lain di Indonesia.

‘’Namun Insya Allah hasil penelitian PSLH UGM tentang Waduk Bentolo itu sudah akan selesai Desember,’’ ujarnya, Selasa (20/10).

Pencemaran Waduk Bentolo telah terjadi sejak beberapa bulan lalu. Pencemaran yang ditunjukan dengan adanya bau tidak sedap dan air berubah warna menjadi hitam itu tidak hanya terjadi tahun ini saja.

Tahun lalu peristiwa serupa juga terjadi. Namun ketika itu setelah waduk dikuras, air kembali normal. Hanya saja beberapa bulan kemudian, air kembali tercemar.

(baca juga: Pemkab Blora Gandeng PSLH UGM Yogyakarta Teliti Pencemaran Waduk Bentolo)

Padahal pencemaran itu tidak pernah terjadi sebelum adanya pabrik gula PT GMM. Akibat pencemaran itu, PDAM Blora tidak bisa menggunakan air baku dari Waduk Bentolo. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved