Blora on News :
Home » , » Pakar Samin : Lebih Baik Menyejahterakan Pengikutnya Daripada Memindah Makam

Pakar Samin : Lebih Baik Menyejahterakan Pengikutnya Daripada Memindah Makam

infoblora.com on Oct 26, 2015 | 9:05 AM

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Ganjar Pranowo saat berkunjung di Pendopo Kampung Samin Klopoduwur
Blora berpesan agar kearifan lokal pengikut Surosentiko tetap dijaga dan dilestarikan. (rs-infoblora)
BLORA. Adanya ontran-ontran wacana pemindahan makam Ki Samin Surosentiko dari Puncak Gunung Putri Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, ke Bojonegoro, memiliki ragam makna meski wacana tersebut hanya isapan jempol belaka.

Peneliti Samin dan Dosen STAIN Kudus, Doktor Moh Rosyid mengatakan, wacana itu memunculkan sejumlah pertanyaan jika benar atau pemindahan terealisasi. Dia menegaskan, dalam dunia Samin tidak mengajarkan ziarah kubur sehingga pola perawatan makam tidak diajarkan.

Menurut Rosyid, dalam ajaran Samin, pascakematian, manusia mengalami tahap reinkarnasi. Yakni menitis pada anak cucunya. Bila tatkala orang Samin hidup mampu melaksanakan perintah ajaran dan meninggalkan larangan ajaran, maka ruhnya akan menitis pada anak cucu. Anak cucunya menjadi orang yang berperilaku baik.

“Begitu pula sebaliknya, bila tatkala hidup tidak taat ajaran maka ruhnya akan menitis/menempel pada tetumbuhan atau hewan yang menjadi predator bagi makhluk hidup,” ujarnya, Minggu (25/10) kemarin.

Rosyid menduga wacana pemindahan bukan karena keinginan wong Samin, tapi upaya menambah situs wisata budaya dan religi di daerah yang dituju untuk pundi-pundi rupiah. Idealnya, tandas Rosyid, masih banyak hal yang harus dioptimalkan kaitannya dengan generasi Samin. Yakni menyejahterakan kehidupannya agar tidak terbawa pada eforia kehidupan masa kini yang rentan terjadi pindah dari ajaran Samin.

Upaya menyejahterakan ekonomi dengan tetap menetap di kampung halamannya merupakan kewajiban mendasar bagi pemkab bila tetap ingin melaksanakan amanat Presiden Jokowi tatkala singgah di kampung Samin di Dukun Karangpace, Desa Klopoduwur, Blora, yakni dilindungi dari faktor perubah karakter agar tetap berjati diri Samin.

(baca juga: DPPKKI Blora Pastikan Pemindahan Makam Samin ke Bojonegoro Hanya Wacana)

Makam Samin Surosentiko belum lama ini diketemukan di Sawahlunto. Pemkab Bojonegoro Jatim mengkaji kemungkinan pemindahan makam itu ke Bojonegoro meski kabupaten penghasil migas itu tidak memiliki ikatan batin dengan Samin Surosentiko. Wacana itu direspon Pemkab Blora. Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora menilai pengkajian tersebut tak lebih hanya sekadar wacana belaka. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved