Blora on News :
Home » , » Kobaran Api di Sumur Minyak Tua Kedinding Kedungtuban Sudah Padam

Kobaran Api di Sumur Minyak Tua Kedinding Kedungtuban Sudah Padam

infoblora.com on Oct 25, 2015 | 2:30 AM

Salah satu sumur minyak tua di Bukit Kedinding Kecamatan Kedungtuban Blora. (am-sm)

BLORA. Kobaran api di sumur minyak Kedinding P-1 (Kedinding 10) padam dengan sendirinya. Sebelumnya, api membakar sumur yang ada di perbukitan itu sejak Jumat (23/10) sekitar pukul 16.30. Bahkan pada malam hari, ketinggian api mencapai sekitar 10 meter.

Bunga api di kegelapan malam itupun menjadi perhatian warga sekitar. Mereka berbondong-bondong mendatangi lokasi. Namun mereka tidak berani mendekat karena api berkobar cukup besar. Apalagi untuk mencapai lokasi sumur, warga harus bersusah payah mengingat sumur yang terbakar itu berada di atas perbukitan hutan jati. 

“Api sudah padam sekitar pukul 02.18 Sabtu (24/10) dinihari,” ujar Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Blora Sri Rahayu, Sabtu (24/10).

BPBD bersama Pertamina EP Asset 4 Cepu mengerahkan empat mobil pemadam kebakaran untuk menjinakan api di sumur yang sudah tidak aktif sejak puluhan tahun lalu. Hanya saja semprotan air dari mobil pemadam kebakaran itu kurang efektif mengingat api yang berkobar berasal dari sumur yang dipenuhi gas. Sri Rahayu mengaku belum mengetahui pasti penyebab kebakaran tersebut. 

“Penyebabnya masih dalam penyelidikan pihak berwenang,” katanya.

Pernyataan senada dikemukakan pula Legal and Relations Pertamina EP Asset 4 Cepu Sigit Dwi Aryono. “Penyebabnya masih diinvestigasi. Kami koordinasikan dengan BUMD PT BPE,” tandasnya.

(baca juga: Sumur Minyak Tua di Bukit Kedinding Kec.Kedungtuban Terbakar Hebat )

Meski api sudah padam, namun untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, sejumlah petugas masih berjaga-jaga di lokasi. Apalagi di perbukitan Kedinding di Desa Ngraho, Kecamatan Kedungtuban yang relatif jauh dari pemukiman warga itu terdapat pula beberapa sumur minyak tua yang dikelola penambang tradisional yang dipekerjakan BUMD PT Blora Patra Energi (BPE). Direktur BUMD PT BPE Christian Prasetya menegaskan, sumur yang terbakar itu bukan sumur tua kelolaan PT BPE. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved