Blora on News :
Home » , » Kemarau Masih Lama, BPBD Blora Imbau Warga Hemat Air dan Waspada Kebakaran

Kemarau Masih Lama, BPBD Blora Imbau Warga Hemat Air dan Waspada Kebakaran

infoblora.com on Oct 19, 2015 | 1:00 PM

Musim kemarau panjang berpotensi tinggi menimbulkan kabakaran, BPBD Blora mengimbau
agar warga selalu waspada potensi kebakaran dan selalu menghemat air. (tio-infoblora)
BLORA. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora memprediksikan bahwa musim kemarau masih akan berlangsung hingga akhir tahun 2015. Oleh karena itu, Kepala BPBD Blora Sri Rahayu mengimbau kepada seluruh warga untuk selalu hemat air dan mewaspadai tingginya potensi kebakaran baik di lingkungan perumahan ataupun hutan.

“Musim kemarau tahun ini memang panjang, mungkin sampai akhir Desember nanti. Kami imbau agar warga senantiasa waspada dan berhati-hati terhadap segala potensi bencana alam khususnya kebakaran dan kekeringan,” jelas Sri Rahayu, Senin (19/10).

Dalam 2 minggu terakhir saja ada 4 kejadian kebakaran di Blora masing masing kebakaran di Desa Tlogowungu Kecamatan Japah, kebakaran rumah warga di Desa Klokah Kecamatan Kunduran, kebakaran lahan di Desa Ledok Kecamatan Sambong dan terakhir kemarin kebakaran rumah warga di Dukuh Bangeran Desa Kamolan Blora.

Untuk mencegah bencana kebakaran, ia meminta warga masyarakat Kabupaten Blora agar selalu melakukan pengecekan instalasi listrik di rumah-rumah, tidak menyalakan perapian bediang untuk hewan ternak tanpa pengawasan, tidak membuang puntung rokok sembarangan, tidak menyalakan obat nyamuk bakar di dekat benda yang mudah terbakar, serta selalu mengecek selang kompor gas di dapur.

“Anak-anak jangan sembarangan main korek api dan petasan. Karena jika tidak bisa mengendalikan bisa terjadi kebakaran. Orang tua harus ekstra melakukan pengawasan terhadap anak agar tidak membuat sumber api,” lanjut Sri Rahayu.

Sementara itu untuk mengatasi kekeringan ia berharap agar warga yang masih memiliki sumber air senantiasa melakukan penghematan. Sedangkan yang sudah kesulitan air bersih untuk segera melapor ke Kepala Desa atau Lurah setempat agar diusulkan bantuan air bersih ke BPBD Kabupaten.

Sekedar diketahui sampai saat ini sudah ada 159 desa di Kabupaten Blora yang mengalami kekeringan sehingga banyak membutuhkan bantuan air bersih. Beberapa perusahaan, komunitas serta Pemkab sendiri sudah menggelontorkan ratusan juta untuk menyalurkan bantuan air bersih namun belum bisa mencukupi semuanya.

“Jika ada kondisi kedaruratan bencana harap segera menghubungi Kantor BPBD Blora dengan nomor (0296) 532599. Baik kebakaran , permintaan bantuan air bersih ataupun jika ada organisasi yang akan ikut memberikan bantuan air bersih agar berkoordinasi dengan BPBD karena disini sudah ada data lengkap wilayah mana saja yang mengalami kekeringan dan mendesak untuk dibantu,” tegasnya. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved