Blora on News :
Home » , » Endemis Filariasis, Warga Blora Diwajibkan Minum Obat Pencegah Penyakit Kaki Gajah

Endemis Filariasis, Warga Blora Diwajibkan Minum Obat Pencegah Penyakit Kaki Gajah

infoblora.com on Oct 28, 2015 | 3:00 PM

Pj.Bupati Blora Ihwan Sudrajat (batik hijau) menghadiri pencanangan Belkaga
di SMPN 1 Blora, Rabu (28/10). (foto-humaskab)
BLORA. Warga Blora usia dua tahun hingga 70 tahun diwajibkan meminum obat untuk mencegah penyakit kaki gajah (filariasis). Obat gratis yang disediakan pemerintah itu dikonsumsi setahun sekali selama lima tahun berturut-turut.

Untuk mengawali program pengonsumsian obat itu, Pemkab Blora dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) mencanangkan program Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga). “Pencanangannya dipusatkan di SMPN 1 Blora hari ini,” ujar Kepala Dinkes Henny Indriyanti melalui Kepala Bidang Pencegahan, Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Permukiman (P3LP) Lilik Hernanto, Rabu (28/10).

Menurutnya, Belkaga adalah program pemerintah pusat. Oktober telah ditetapkan sebagai bulan dimulainya eliminasi penyakit kaki gajah tahun pertama. “Program ini ditujukan untuk mewujudkan Indonesia bebas penyakit kaki gajah di tahun 2019,” kata Lilik.

Dia mengungkapkan, Blora merupakan salah satu kabupaten di Jateng yang dinyatakan endemis kaki gajah. Daerah endemis lainnya di Jateng diantaranya adalah Pati dan Kabupaten Pekalongan.

Oleh karena itu, kata Lilik, pencegahan dini penyakit kaki gajah menjadi salah satu fokus perhatian agar penyakit yang disebabkan infeksi cacing microfilaria melalui gigitan nyamuk Culex Fatigan ini tidak menjangkiti masyarakat Blora di masa yang akan datang.

“Jumlah warga Blora yang terkena penyakit kaki gajah sudah ada 16 orang. Tahun ini kami temukan tiga orang yang positif kaki gajah,” tandas Lilik.

Orang yang terjangkit penyakit kaki gajah akan menimbulkan kaki membengkak sehingga cacat menetap, tidak bisa beraktifitas produktif seperti layaknya manusia normal dan menimbulkan gangguan psikologi dalam interaksi sosial.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Blora Ihwan Sudrajat dalam sambutannya di acara pencanangan Belkaga SMPN 1 Blora menyampaikan bahwa status endemis kaki gajah yang diperoleh Kabupaten Blora harus segera hilang dengan cara pencegahan dan pengobatan yang menyeluruh.

“Saya perintahkan Dinas Kesehatan untuk menuntaskan penyakit kaki gajah yang ada di Blora yang salah satu diantaranya melalui pencanangan Belkaga ini. Selain itu di Blora juga masih tinggi angka kematian ibu dan anak, banyak balita kekurangan gizi, sehingga kita semua diharapkan bisa bekerja keras untuk menuntaskan permasalahan kesehatan ini,” kata Ihwan Sudrajat, Rabu (28/10).

(baca juga: Blora Ditetapkan Sebagai Salah Satu Kabupaten Endemis Kaki Gajah di Jateng)

Hadir di acara pencanangan Belkaga Keluarga Besar Dinas Kesehatan Blora, Kepala Dindikpora Blora Ahmad Wardoyo, Camat Blora Kunto Aji, Forkopimcam, para guru SMPN 1 Blora beserta seluruh siswa. Dalam pencanangan Belkaga tersebut ratusan siswa SMPN 1 Blora dibagikan gratis obat pencegah kaki gajah untuk diminum bersama-sama. (Abdul Muiz-SMNetwork | rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved