Blora on News :
Home » , » Dukung Upsus Pajale, Pemkab Blora Peroleh Penghargaan dari Kementan RI

Dukung Upsus Pajale, Pemkab Blora Peroleh Penghargaan dari Kementan RI

infoblora.com on Oct 29, 2015 | 12:30 AM

Dukung Upsus Pajale dan peningkatan produksi pertanian, Pemkab Blora peroleh penghargaan dari Kementan RI. (gie-sm)
BLORA. Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pertanian memberikan penghargaan kepada Pemkab Blora dalam hal ini Bupati atas kontribusi produksi beras terhadap nasional dan komitmen dalam mendukung terhadap operasi khusus (Upsus) Swasembada Padi Jagung dan Kedelai (Pajale) tahun 2015, bersama sembilan kepala daerah lainya.

“Itu merupakan penghargaan Upsus Swasembada Pangan 2015, dan diberikan saat gelar teknologi pertanian modern yang dilaksanakan di Kabupaten Subang 20 Oktober lalu,” ujar Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Blora Reni Miharti, Rabu (28/10) kemarin.

Penghargaan itu merupakan kebanggan bagi dunia pertanian yang ada di Blora. Sebab pertanian di Blora merupakan lahan tadah hujan namun mampu memberikan kontribusi yang besar dalam produksi beras.

Reni menambahkan untuk tahun 2015 ini produksi kedelai sudah melebih target dari 8.754 ton menjadi 15.258,78 ton atau meningkat 174,30 persen. Sedangkan untuk produksi padi hingga Agustus 2015 realisasinya sudah 425.480 ton GKG.

Untuk tahun 2015 target produksi padi dari pemerintah pusat cukup tinggi mencapai 494.218 ton gabah kering giling (GKG). Jumlah itu meningkat pesat dari tahun 2014 yang hanya 412.216 ton GKG. Pada tahun 2014 realisasinya mencapai 424.436 ton GKG.

“Realisasi produksi padi 2015 sampai agustus jika dibandingkan dengan realisasi produksi padi 2014 sudah 100,25 persen,” ujarnya.

Saat ini di tiga Kecamatan Cepu, Kedungtuban dan Kradenan sebagian masih panen, sehingga masih bertambah realisasi produksi padi. Begitu juga dengan produksi jagung juga mengalami peningkatan.

“Itu semua berkat kerja keras dari semua pihak, sehingga pertanian di Blora semakin maju,” tegasnya.

Selain itu sejumlah bantuan alat pertanian modern seperti traktor, pompa air, serta benih unggul menjadi salah satu faktor peningkatan program Upsus dalam rangka swasembada pajale di Blora. Termasuk juga peran dari TNI yang mendukung sepenuhnya dalam setiap kegiatan pertanian yang ada di desa-desa.

“Pencapaian produksi tersebut setiap tahunnya sangat dipengaruhi oleh cuaca dan musim yang ada,” tandasnya. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved