Blora on News :
Home » , » DPPKKI Blora Pastikan Pemindahan Makam Samin ke Bojonegoro Hanya Wacana

DPPKKI Blora Pastikan Pemindahan Makam Samin ke Bojonegoro Hanya Wacana

infoblora.com on Oct 25, 2015 | 1:00 AM


Wakil Walikota Sawahlunto Ismed (kiri) saat berkunjung ke Kampung Samin Sambongrejo Blora beberapa waktu lalu. Ia bersama rombongan menyatakan bahwa Sawahlunto dan Blora mempunyai ikatan sejarah yang kuat melalui Samin Surosentiko. (am-sm)
BLORA. Disaat duta kesenian wayang kulit Blora diundang untuk tampil dalam acara Festival Wayang Nusantara III di Sawahlunto Sumatera Barat 22-24 Oktober, ternyata ada kabar tak sedap menerpa hubungan sosial budaya antara Blora dengan Sawahlunto yang erat kaitannya tentang sejarah Mbah Suro atau Samin Surosentiko.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora Suntoyo, yang mendampingi tim seni Blora tampil di Sawahlunto mendapatkan kabar bahwa Pemkab Bojonegoro Jawa Timur sedang mengkaji kemungkinan pemindahan makam Samin Surosentiko dari Sawahlunto ke Bojonegoro.

Padahal sudah banyak dikenal dan diketahui bahwa Samin Surosentiko merupakan tokoh gerakan Saminisme dari Blora yang dibuang Belanda ke Sawahlunto, dipekerjakan sebagai buruh tambang batubara hingga meninggal disana. Sontak kabar rencana pemindahan makam itu membuat Suntoyo berupaya menggali lebih lanjut ke pihak Pemkot Sawahlunto.

“Setelah saya tanya-tanya ke sejumlah pejabat di Pemkot Sawahlunto termasuk Dinas Kebudayaan dan Kebudayaan Sawahlunto ternyata memang belum lama ini ada tim dari Bojonegoro yang datang ke Sawahlunto. Tim tersebut menyatakan tengah mengkaji kemungkinan pemindahan makam Samin Surosentiko ke Bojonegoro,” ujarnya saat dihubungi Sabtu(24/10).

Hanya saja menurut Suntoyo, Pemkot Sawahlunto tidak serta merta menyambut baik wacana pemindahan makam tersebut. “Biarlah itu merupakan sejarah masa lalu antara Sawahlunto dengan Blora dan Mbah Suro,” kata Suntoyo menirukan perkataan Sekda Sawahlunto Rovanly Abdams.

Sepengatahuan Suntoyo, ahli waris Samin Surentiko di Desa Klagen, Kecamatan Kedungtuban, Blora, juga tidak mengizinkan pemindahan makan Samin Surentiko dari Sawahlunto ke tanah Jawa selain ke Blora. “Pemindahan makam itu kan harus seizin ahli warisnya,” kata Suntoyo.

Oleh karena itu, Suntoyo menilai kabar rencana pemindahan makam Samin Surosentiko ke Bojonegoro hanya sekadar wacana. Wacana tersebut muncul dan diberitakan salah satu situs berita nasional beberapa hari lalu dan sempat menghebohkan para pengguna media sosial di Kabupaten Blora yang pada umumnya tidak menyetujui rencana kabupaten sebelah itu. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved